Relawan Kesulitan Padamkan Kebakaran di Merbabu, Wawancara Khusus Kepala BPBD Jateng

Terutama kebakaran di lereng Gunung Slamet, Merapi dan Merbabu. Belum lagi erupsi freatik G Merapi sejak Maret 2018 hingga sekarang, dan peningkatan a

Relawan Kesulitan Padamkan Kebakaran di Merbabu, Wawancara Khusus Kepala BPBD Jateng
IST
Kebakaran di Gunung Merbabu terlihat dari kawasan sekitarnya, Kamis (12/9/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Belakangan ini bencana kekeringan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda Jawa Tengah.

Terutama kebakaran di lereng Gunung Slamet, Merapi dan Merbabu. Belum lagi erupsi freatik G Merapi sejak Maret 2018 hingga sekarang, dan peningkatan aktivitas G Slamet. Hal ini mengharuskan BPBD makin kerja keras.

Ditambah lagi kekeringan yang berdampak pada kurangnya pasokan air bersih di sejumlah pedesaan.

Berikut ini petikan wawancara eksklusif wartawan Tribun Jateng Mamdukh Adi Priyanto dengan Kepala BPBD Jateng Sudaryanto.

Apa fokus pekerjaan BPBD saat ini?

Musim kemarau ini, bencana jadi dua, yakni kekurangan air bersih dan kebakaran. Soal kekeringan, 90 persen wilayah Jateng tidak ada hujan sejak 100 hari terakhir atau 3 bulanan. Kering semua. Sedangkan karhutla di Merbabu dan Slamet. Kami fokus ke dua bencana itu, kebakaran dan kekeringan.

Bisa ceritakan lokasi, luasan serta kerugian karhutla?

Kebakaran di Merbabu dimulai dari Desa Wonolilo Kabupaten Magelang. Kemudian merembet ke arah timur ke Desa Nagrong, Gladaksari, Boyolali. Di titik ini, api yang membakar 436 hektare hutan dan lahan sempat padam pada pekan lalu.

Namun, setelah itu, muncul lagi titik api dan membakar seluas 100 hektare lahan tambahan.

Di wilayah Boyolali, ada 2-3 kilometer instalasi air di atas tanah (tidak dipendam) rusak. Tapi akan diganti kerugiannya pakai dana APBD Boyolali. Di Klaten tepatnya di Balerante juga terjadi karhutla meski tidak luas dan sudah bisa dipadamkan.

Halaman
1234
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved