Breaking News:

Normalisasi Sungai BKT dan Bringin Segera Dimulai, Pemkot Persiapkan Pembangunan Rusunawa

Pemkot Semarang menyiapkan pembangunan rusunawa untuk menampung warga yang masih menempati bantaran sungai Banjir Kanal Timur dan Bringin.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: m nur huda
TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Pekerja sedang menyelesaikan pembangunan normalisasi sungai banjir kanal timur, Kamis (6/12/2018). Sungai Banjir Kanan Timur ini nantinya akan di bangun area pertamanan dan penataan sungai yang lebih bersih. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang menyiapkan pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) untuk menampung warga yang saat ini masih menempati bantaran sungai Banjir Kanal Timur (BKT) dan Bringin.

Kepala Disperkim Kota Semarang, Ali mengatakan, akan membangun tiga rusunawa pada 2020 mendatang, dua di antaranya di daerah Mangunharjo, Kecamatan Tugu. Satu lainnya di daerah Sawah Besar, Kecamatan Gayamsari.

"Kami akan punya gawe besar yakni normalisasi BKT. Oleh karena itu, kami bangun rusunawa di Sawah Besar. Di sana, sudah ada dua twin blok, akan tambah satu lagi. Selain itu, kami juga bangun di daerah Mangunharjo karena nanti kaitannya dengan normalisasi Sungai Bringin," jelas Ali, Kamis (26/9/2019).

Dikatakan Ali, sebenarnya rusunawa diperuntukkan bagi siapaun warga Kota Semarang. Hanya saja, dia memprioritaskan untuk warga yang nantinya terdampak normalisasi.

Pihaknya sudah melakukan pendataan warga yang menempati bantaran sungai baik di BKT maupun Bringin.

Meski tidak menyebutkan secara pasti jumlah warga yang menempati bantaran sungai, Ali membeberkan, sebagian besar merupakan warga asli Kota Semarang.

Sehingga, Pemkot pun harus mengantisipasi agar mereka tidak terlantar pasca dilakukan penertiban nantinya.

Ali meneruskan, rusunawa yang akan dibangun pada 2020 merupakan rusunawa tipe 36 yang mana tarifnya berkisar Rp 250 ribu per bulan.

Harga tersebut sudah termasuk fasilitas yang pada masing-masing unit, diantaranya kasur, meja, dan lemari.

"Kami beri fasilitas lengkap. Warga tinggal masuk saja," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved