33 Kasus Menimpa Anak-anak Di Tegal, Didominasi Laporan Pelecehan Seksual

Kasus tersebut meliputi pelecehan seksual, kekerasan fisik, psikis, dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang menimpa anak-anak

33 Kasus Menimpa Anak-anak Di Tegal, Didominasi Laporan Pelecehan Seksual
Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
Anak-anak SDN Selapura 2 Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal berpose saat difoto wartawan Tribunjateng.com, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNAJATENG.COM, SLAWI - Beragam kasus terhadap anak-anak di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah marak terjadi selama tahun 2019 ini.

Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Kabupaten Tegal mencatat, kasus terhadap anak-anak selama Januari 2019 hingga Agustus 2019 ada 33 laporan.

Kasus tersebut meliputi pelecehan seksual, kekerasan fisik, psikis, dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang menimpa anak-anak.

Hal itu diungkapkan Kabid Pemberdayaan Perempuan DP3AP2KB, Tien Mei Antiyas kepada Tribunjateng.com, Sabtu (28/9/2019) ini.

Tien membeberkan, dari total laporan tersebut, sebagian besar kasus yang menimpa anak-anak adalah soal pelecehan seksual.

"Dominan kasus yang menimpa kalangan anak adalah pelecehan seksual. Ada 10 kasus soal pelecehan seksual yang kami tangani," ungkap Tien.

Dia menjelaskan, pelaku di balik pelecehan seksual terhadap anak biasanya dilakukan oleh orang terdekat.

Bahkan, kata Tien, pelaku biasanya berasal dari keluarga sendiri, termasuk oleh paman, orangtua tiri, maupun orang terdekat lainnya.

"Minimal, korban dan pelaku pelecehan seksual sudah saling kenal.

Hal ini kerap dialami oleh anak-anak yang mengalami masalah keluarga. Itu hal yang kami dapat dari beragam laporan yang masuk," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved