Siap-siap! Musim Hujan Bakal Datang di Kota Semarang, Ini Ramalan BMKG, Minta Masyarakat Waspada

Bagi Anda yang tinggal di Kota Semarang, bersiap-siap menghadapi musim penghujan yang akan datang sebentar lagi

Siap-siap! Musim Hujan Bakal Datang di Kota Semarang, Ini Ramalan BMKG, Minta Masyarakat Waspada
Tribunjateng.com/Reza Gustav Pradana
Langit tampak cerah dilihat dari kawasan Simpanglima Kota Semarang, Senin (30/9/2019) pagi. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bagi Anda yang tinggal di Kota Semarang, bersiap-siap menghadapi musim penghujan yang akan datang sebentar lagi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim penghujan mulai memasuki wilayah ibu kota Jawa Tengah tersebut pada November 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko kepada Tribunjateng.com, Senin (30/9/2019) hari ini.

“Paruh November pertama diprakirakan terjadi di sebagian kecil Kota Semarang dan paruh kedua baru sebagian besar Kota Semarang,” ungkapnya.

Untuk curah hujan pada Oktober 2019 sendiri, Iis mengatakan bahwa tingkatannya masih rendah. 

Hujan masih berpotensi turun namun intensitasnya diprakirakan rendah.

“Menurut prakiraan, bulan Oktober belum masuk musim hujan,” tambahnya.

Meskipun demikian, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai masa peralihan dari musim kemarau-penghujan karena berpotensi munculnya cuaca ekstrem.

“Waspadai masa peralihan, transisi atau pancaroba terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang dan petir,” imbaunya.

Lebih jauh lagi, dirinya juga meminta siapapun untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang bisa saja terjadi saat musim penghujan.

Termasuk menjaga kebersihan lingkungan terutama drainase, mengurangi pohon yang terlalu rimbun dan memperbaiki struktur bangunan supaya tahan terhadap angin kencang. 

Untuk puncak musim penghujan di Kota Semarang sendiri diprakirakan terjadi pada sekitar Februari 2019 medatang. (tribunjateng/rez)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved