Siswa SMK di Karanganyar Gotong Royong Bersihkan Sungai di Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Sejumlah pelajar SMKN Jenawi Karanganyar beserta beberapa elemen masyarakat membersihkan Kali Nongo dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Siswa SMK di Karanganyar Gotong Royong Bersihkan Sungai di Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Pelajar SMKN Jenawi dan elemen masyarakat saat membersihkan Kali Nongo Balong Jenawi Karanganyar, Senin (30/9/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Sejumlah pelajar SMKN Jenawi Karanganyar beserta beberapa elemen masyarakat membersihkan Kali Nongo dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2019, Senin (30/9/2019).

Bersih kali tersebut diikuti peserta yang terdiri dari pelajar, Karangtaruna Desa Balong, Menjing, Seloromo serta sejumlah komunitas, anggota Koramil, Satpol PP Kecamatan Jenawi dan lain-lain.

Mereka menyisir kali yang berada di dekat Terminal Balong hingga Seloromo yang jaraknya sejauh dua kilometer. Pihak sekolah menyediakan kantung sampah dan mobil bak terbuka untuk mengangkut sampah.

Kepala SMKN Jenawi, Sri Eka Lelana, menyampaikan kegiatan ini mengambil tema Pancasila Sakti, Gotong Royong Pasti.

"Pancasila tidak hanya berhenti dihafalkan. Prakteknya semua hafal. Melalui kegiatan peduli lingkungan ini kami mengejawantahkannya. Pengamalan sila kedua dan ketiga, gotong royong dan meningkatkan persatuan dan kerukunan," katanya kepada para wartawan, Senin (30/9/2019).

Menurutnya pancasila bukan sekedar nilai, akan tetapi menjadi pandangan hidup, asa berkehidupan dan kepribadiaan.

Harapannya melalui kegiatan ini dapat memaknai pancasila melalui gotong royong serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Jenawi, Ranung Pagusta menyampaikan apresiasinya atas peran pelajar, komunitas dan peserta lain yang terlibat dalam bersih kali ini.

"Kegiatan ini upaya membangun kebersamaan melalui gotong royong. Pengamalan sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved