Jawa Tengah Raih 13 Penghargaan Pengendalian Perubahan Ikilm

Provinsi Jawa Tengah meraih 13 penghargaan di bidang pengendalian perubahan iklim.

Jawa Tengah Raih 13 Penghargaan Pengendalian Perubahan Ikilm
ISTIMEWA
Kepala Dinas LHK, Teguh Dwi Paryono (keempat kiri) menerima penghargaan dari Menteri LHK. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Provinsi Jawa Tengah meraih 13 penghargaan di bidang pengendalian perubahan iklim.

Penghargaan diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar pada puncak acara Festival Iklim di Auditorium Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Selasa (2/10/2019).

"Kami mendapatkan 13 penghargaan. Itu untuk pelaksana Program Kampung Iklim (Proklim), bupati sebagai pembina proklim, dan kelompok proklim itu sendiri," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Teguh Dwi Paryono, saat dihubungi, Rabu (2/10/2019).

Rincian 13 penghargaan tersebut meliputi 5 trofi penghargaan pelaksana Proklim kategori Proklim Utama, 7 penghargaan bagi bupati/wali kota di Jateng yang sukses sebagai pembina Proklim.

Kemudian, Provinsi Jawa Tengah yang meraih penghargaan sebagai provinsi terbaik yang melaporkan hasil inventarisasi gas rumah kaca pada periode pelaporan tahun 2018.

Lima lokasi kampung iklim yang memperoleh penghargaan yakni Desa Banyuroto, Kabupaten Magelang; Dusun Welahan, Desa Wonoroto Wonosobo; Desa Sinangoh Prendeng, Kabupaten Pekalongan; Desa Gondang, Kabupaten Kendal; dan RW 001 Desa Mangunan Lor, Demak.

Sedangkan tujuh kepala daerah yang memperoleh penghargaan sebagai pembina Proklim adalah Bupati Magelang, Bupati Wonosobo, Bupati Pekalongan, Bupati Kendal, Walikota Surakarta, dan Bupati Pati.

Seluruh Bupati/ Walikota hadir untuk menerima penghargaan tersebut.

"Pada tahun sebelumnya, penghargaan yang diterima tidak sebesar tahun ini. Pemprov sebagai fasilitator akan terus mendorong pemerintah kabupaten/ kota untuk terus mendukung dan mengelola Proklim ini," ujarnya.

Penghargaan bagi pelaksana dan pembina Proklim diharapkan dapat memacu semua pihak untuk lebih bersemangat untuk melakukan kegiatan pro-lingkungan.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved