Pemkab Brebes Berlakukan Larangan Bungkus Makanan Pakai Plastik di Lingkungan Sekolah

Pemkab Brebes telah memberlakukan Peraturan Bupati (Perbup) Brebes nomor 57 tahun 2019 tentang Pedoman Pengurangan Sampah Plastik Berbasis Masyarakat.

Pemkab Brebes Berlakukan Larangan Bungkus Makanan Pakai Plastik di Lingkungan Sekolah
ISTIMEWA
Siswa SMPN 1 Brebes membeli jajan makanan menggunakan bungkus kertas, Kamis (3/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pemkab Brebes telah memberlakukan Peraturan Bupati (Perbup) Brebes nomor 57 tahun 2019 tentang Pedoman Pengurangan Sampah Plastik Berbasis Masyarakat.

Pemberlakuan Perbup tersebut dimulai September lalu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes, Edi Kusmartono mengatakan, dengan berlakunya Perbup tersebut maka diberlakukan larangan penggunaan plastik sebagai pembungkus makanan dan minuman di lingkungan sekolah.

"Peraturan ini diharapkan bisa menekan jumlah produksi sampah di Brebes terutama yang berasal dari lingkungan sekolah," kata Edi Kusmartono, Kamis (3/10/2019).

Edi mengungkapkan, selama ini sampah dari lingkungan sekolah cukup tinggi di Kabupaten Brebes. Dari total produksi sampah sebanyak 900 ton per harinya, 14 persen di antaranya berasal dari lingkungan sekolah.

Menurutnya, sampah yang dihasilkan dari lingkungan sekolah itu sebagian besar adalah sampah plastik bekas pembungkus makanan dan minuman.

Sebagaimana diketahui, banyak siswa sekolah yang membeli jajan dengan bungkus plastik dari pedagang keliling maupun kantin sekolah.

"Dengan berlakunya Perbup ini, kita mulai galakan pengurangan sampah dari sumbernya. Di lingkungan sekolah, kantin dilarang menggunakan plastik untuk pembungkus," jelasnya.

Edi telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memerintahkan kepada seluruh sekolah di Kabupaten Brebes untuk menindaklanjuti Perbup tersebut. Dengan begitu, produksi sampah plastik dapat ditekan.

"Kami meminta sekolah membuat aturan terkait larangan penggunaan plastik di lingkungan masing masing," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved