Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas Tulis Batang Rintis Pendaftaran Online, Pertama Kali di Jateng

Puksesmas Tulis merintis pendaftaran online bagi pasien, layanan ini diklaim pertama kali di Jawa Tengah

Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas Tulis Batang Rintis Pendaftaran Online, Pertama Kali di Jateng
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Tim Dinkes dan Kejari Batang saat mendatangi Puskesmas Tulis untuk melakukan monitoring dan evaluasi penyerapan dana BOK, Kamis (3/102/2019) 

TRIBUNJATENG. COM, BATANG - Puksesmas Tulis merintis pendaftaran online bagi pasien, layanan ini diklaim pertama kali di Jawa Tengah.

Kepala Puskesmas Tulis, dokter Ali Balkhi, menegaskan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, pihaknya bersemangat untuk terus berinovasi, salah satunya dengan membuat pendaftaran online.

"Layanan online ini pertama kali diterapkan di puskemas di Jawa Tengah, persiapannya sudah 90 persen, jadi rencananya akan dilaunching bulan Oktober ini," ujarnya, Kamis (3/10/2019).

Dia menjelaskan teknis pendaftaran online dimulai dari pasien mendownload aplikasi di play store dengan kata kunci Antrian Puskesmas Tulis online.

Setelah itu, pasien cukup mendaftarkan diri dari rumah ke poli yang dituju.

Kelebihan layanan ini selain mempermudah proses pendafaran, pasien juga bisa melihat secara realtime daftar antrean sehingga tidak perlu menunggu lama di puskesmas.

"Pendaftaran online aktif selama 24 jam, pasien yang ingin menikmati layanan ini, harus mendaftarkan sehari sebelumnya atau H-1, ini tidak berlaku untuk kejadian tertentu seperti kecelakaan dan sebagainya," ujarnya.

Dijelaskan Ali, aplikasi daftar online berisi daftar Poli,
Daftar antrian, informasi puskesmas dan lainnya.

Dia berharap dari aplikasi ini masyarakat semakin nyaman dengan pelayanan, terutama di era teknologi yang mana android sudah menjadi barang umum.

"Pendaftaran online tidak ada batasan antrian, meskipun biasanya antrian maksimal di puskesmas Tulis 200 antrian namun di aplikasi disetting tidak terbatas," jelasnya.

Selain kreatif, Puskesmas Tulis juga diapresiasi oleh tim Monev dari Dinkes dan Kejari Batang lantaran mereka telah berhasil menyerap dana BOK dengan baik.

Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun) Kejari Batang, Jaksa Muda Dista Anggara, mengapresiasi penyerapan anggaran di puskesmas Tulis karena penyerapan dana BOK baik dari Fisik maupun keuangan sudah mencapai 60 persen lebih.

"Serapan dana BOK sudah bagus, terus tingkatkan kinerja agar masyarakt betul-betul terlayani dengan baik," ungkap Dista yang didampingi tim Dinkes Kabupaten Batang.(din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved