Kisah Sukses Dairoh Mantan Santri Tebuireng Jadi Pengepul Telur Asin Tawar, Dulu Keliling Jalan Kaki

Masa-masa sulit pernah dialami Dairoh (44), pengepul telur asin tawar sukses di Kelurahan Pesurunganlor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal.

Kisah Sukses Dairoh Mantan Santri Tebuireng Jadi Pengepul Telur Asin Tawar, Dulu Keliling Jalan Kaki
TRIBUN JATENG/FAJAR BAHRUDDIN ACHMAD
Dairoh (44), santri lulusan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang yang sukses menjadi pengepul telur asin tawar di Kota Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL- Masa-masa sulit pernah dialami Dairoh (44), pengepul telur asin tawar sukses di Kelurahan Pesurunganlor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal.

Iroh sapaan akrabnya, dalam sehari menyuplai telur asin tawar sebanyak 4.000 sampai 5.000 butir kepada para koleganya.

Ia mengembangkan usahanya di Kelurahan Pesurunganlor yang memang dikenal sebagai sentral produksi telur asin di Kota Tegal.

Namun siapa sangka, Iroh memulai bisnisnya dengan berjalan kaki menawarkan telur asin dari rumah ke rumah tiap harinya membawa 50 butir telur.

"Alhamdulillah masih jalan. Dulu usaha mulai 2010. Saya ke kandang peternak bebek beli telur 50 butir. Lalu saya tawarkan ke tetangga- tetangga," kata Iroh saat ditemui tribunjateng.com, Senin (7/10/2019).

Iroh mengatakan, di saat banyak penjual telur asin ataupun peternak bebek yang gulung tikar, ia bersyukur masih bertahan dengan usahnya.

Menurutnya, suplaian telur asin tawarnya juga stabil, tiap harinya sebanyak 4000 sampai 5000 butir.

Iroh dan suaminya Haryanto (50), mulanya sama- sama pengajar lulusan dari Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Namun Iroh memilih berhenti mengajar dari taman kanak- kanak (TK) supaya lebih bisa fokus kepada dua anaknya.

"Saya guru TK, suami saya guru Madrasah. Setelah setahun berhenti mengajar. Saya coba cari kegiatan. Saya datang ke peternak beli telur lalu saya jual lagi," ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: Fajar Bahruddin Achmad
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved