Dukung Petani Tingkatkan Budi Daya Kelapa Kopyor, Bupati Pati Haryanto Serahkan Bantuan Feromonas

"Musuhnya kelapa kopyor ini hama kwangwung. Mestinya kalau sudah ada pohon yang kena itu segera dipotong, dihabisi

Dukung Petani Tingkatkan Budi Daya Kelapa Kopyor, Bupati Pati Haryanto Serahkan Bantuan Feromonas
Tribunjateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Bupati Pati Haryanto menyerahkan bantuan feromonas pada para petani kelapa kopyor untuk mengatasi hama kwangwung. Bantuan tersebut diserahkan dalam sebuah seremoni di Kebun Paradiso, Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Selasa (8/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Menurut Bupati Haryanto, kelapa kopyor sebagai buah unggulan Kabupaten Pati cenderung lebih cocok ditanam di wilayah Pati utara ketimbang wilayah lainnya.

Hal ini, menurutnya, merupakan anugerah dari Allah yang patut disyukuri dengan cara menekuni budi daya kelapa kopyor secara serius.

Hal tersebut disampaikannya ketika menghadiri acara petik kelapa kopyor, penyerahan bibit kelapa, serta penyerahan perangkap hama yang di Kebun Paradiso Ngagel, Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Selasa (8/10/2019).

Bersama Haryanto, hadir pula dalam acara tersebut Wakil Bupati Saiful Arifin, Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati Mokhtar Efendi, dan jajaran Forkopimda.

"Memang kelapa kopyor ini cocoknya di daerah Pati Utara. Mulai dari Margayoso, Tayu, kemudian yang paling khas rasa dan teksturnya di Dukuhseti.

Kita ini memang dianugerahi Allah Subhanahu Wa Ta'ala dengan potensi SDA yang berbeda-beda di masing-masing wilayah," ucap Haryanto.

Bagi Haryanto, sebagaimana halnya jeruk pamelo, kelapa kopyor sebagai buah unggulan Pati tidak bisa diakui daerah lain.

Sebab, pihaknya telah memiliki sertifikat khusus yang menegaskan bahwa kedua varietas tersebut merupakan unggulan Kabupaten Pati.

Hal ini, menurutnya merupakan sesuatu yang patut disyukuri para petani kopyor.

Namun demikian, lanjutnya, bukan berarti budidaya kelapa kopyor di Pati tidak memiliki kendala.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved