Gedung Parkir Pandanaran Siap Digunakan November 2019

Sekretaris Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang, Irwansyah mengatakan, pembangunan gedung tersebut sudah mencapai 97 persen

Gedung Parkir Pandanaran Siap Digunakan November 2019
Tribunjateng.com/Hermawan Handaka
Pekerja sedang merampungkan proyek pembangunan Gedung Parkir dan JPO yang menghubungkan ke pusat kawasan oleh - oleh Jalan Pandanaran Kota Semarang yang menjadi satu dengan Gedung Dinas Kesehatan Kota Semarang, Sabtu (21/9/2019). Adapun tempat parkir dalam gedung Pandanaran akan dibagi dalam dua area, yaitu area parkir basement dan area parkir lantai tiga hingga tujuh. Setiap lantai digadang-gadang memiliki kapasitas 150 kendaraan, baik mobil dan motor. Dengan demikian Pemkot Semarang optimis jika gedung parkir yang dibangun tersebut dapat menampug sekitar 900 kendaraan. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gedung sepuluh lantai di Jalan Pandanaran yang rencananya akan digunakan sebagai gedung parkir sekaligus kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang serta Puskesmas Pandanaran siap digunakan November mendatang.

Sekretaris Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang, Irwansyah mengatakan, pembangunan gedung tersebut sudah mencapai 97 persen.

Pengerjaan proyek saat ini sedang dalam tahap finishing atau penyelesaian, diantaranya pengecekan instalasi listrik, penyambungan kabel-kabel, dan pembersihan gedung.

Jembatan penyeberangan orang (JPO) yang menjadi sarana penghubung dari gedung parkir menuju kawasan oleh-oleh juga sedang dilakukan penyempurnaan.

Lift sebagai sarana naik turun dari jembatan penyebrangan menuju pusat oleh-oleh juga sudah dilakukan uji coba.

"Kemungkinan akhir Oktober ini semuanya sudah bisa dinyatakan clear 100 persen. November insyaallah sudah bisa dimanfaatkan. Peresmiannya, kami menunggu jadwal Bapak Wali Kota," tutur Irwansyah, Rabu (9/10/2019).

Dia menuturkan, progres pembangunan gedung parkir Pandanaran sekaligus kantor Dinkes ini memang lebih cepat dari jadwal yang ditargetkan yang mana kontrak proyek itu berakhir Desember, namun pembangunan dapat diselesaikan lebih awal.

Adapun pembagian gedung tersebut, basement akan digunakan sebagai tempat parkir, lantai 1 dan 2 akan digunakan sebagai Puskesmas Pandanaran.

Untuk lantai 3 hingga 7 akan digunakan sebagai lahan parkir dan lantai 8 hingga 10 akan dimanfaatkan sebagai kantor Dinkes Kota Semarang.

"JPO sebagai sarana penyebrangan bagi masyarakat yang hendak ke pusat oleh-oleh. Kami konsep sedemikian rupa untuk mempercantik tata kota. Bawah JPO, kami kembalikan konsep awal yakni sebagai taman," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved