Pemkab Pati Dorong Petani Budi Daya Kelapa Kopyor dengan Teknik Kultur Jaringan

Budi daya kelapa kopyor dengan teknik kultur jaringan diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan para petani di Kabupaten Pati.

Pemkab Pati Dorong Petani Budi Daya Kelapa Kopyor dengan Teknik Kultur Jaringan
Tribunjateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Bupati Pati Haryanto memetik kelapa kopyor di Kebun Paradiso, Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Selasa (8/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Budi daya kelapa kopyor dengan teknik kultur jaringan diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan para petani di Kabupaten Pati.

Selain itu, budi daya dengan bibit kultur jaringan juga digadang-gadang akan mampu mengembangkan potensi kelapa kopyor sebagai produk pertanian unggulan Kabupaten Pati.

Gagasan ini mengemuka dalam acara petik kelapa kopyor, penyerahan bibit kelapa, serta penyerahan perangkap hama yang diselenggarakan Dinas Pertanian Kabupaten Pati di Kebun Paradiso, Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Selasa (8/10/2019).

Gagasan mengenai kultur jaringan ini secara kompak dikemukakan oleh Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, dan Kepala Dispertan Pati Mokhtar Efendi.

Bupati Haryanto menyebut, berdasarkan informasi dari seorang kawan Wakil Bupati Saiful Arifin, dengan bibit kelapa kopyor kultur jaringan, satu hektar lahan bisa menghasilkan omzet hingga Rp 1 miliar per tahun.

Hal ini, menurutnya, patut dicoba.

"Karena kelapa kopyor memang cocok ditanam di sini (wilayah Pati bagian utara-red.), nanti pemanfaatan bibit kelapa kopyor yang kultur jaringan bisa diagendakan.

Dianggarkan dari APBD, kemudian dibagikan ke kelompok-kelompok tani. Dites, benar atau enggak itu nanti," ucap Haryanto.

Sementara, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin memberi gagasan untuk membudidayakan kelapa kopyor kultur jaringan di masyarakat.

Sesuai dengan sistem pemanfaatan pekarangan yang selama ini sudah berjalan di Desa Ngagel.

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved