Sabini Mengeluh Pusing dan Sesak Akibat Pembakaran Sampah di TPA Putri Cempo

Kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Jebres, Solo, menuai komplain warga.

Sabini Mengeluh Pusing dan Sesak Akibat Pembakaran Sampah di TPA Putri Cempo
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Asap tampak masih terlihat di gunungan sampah bagian timur TPA Putri Cempo, Selasa (8/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO -- Kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Jebres, Solo, menuai komplain warga.

Warga sekitar mengaku mengalami gangguan pernapasan akibat menghirup asap pekat dari sampah di TPA Putri Cempo yang terbakar, sejak beberapa pekan lau.

Pantauan Tribun Jateng, Rabu (9/10), kepulan asap masih membumbung di gunungan sampah yang berada di kawasan TPA Putri Cempo.

Petugas pemadam kebakaran (damkar) Solo tampak masih berupaya melakukan pendinginan di sejumlah titik gunungan sampah yang terbakar.

Rabu kemarin, Pemkot Solo menggelar pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat, yang terdampak asap dari TPA Putri Cempo.

Dokter Puskesmas Sibela, Mojosongo, dr Anis Setyaning mengatakan, pemeriksaan kesehatan gratis dilakukan setelah mendapatkan instruksi dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo.

"Pemeriksaan kesehatan ini gratis. Alhamdulillah, ini banyaknya cuma gerok (serak). Keluhan lainnya, mata pedih dan batuk, tapi tidak ada yang sampai sesak, apalagi asma dari asap itu," kata Anis.

Pemeriksaan kesehatan secara gratis itu dilakukan kepada warga sekitar, baik dari wilayah Kota Solo maupun Kabupaten Karanganyar. "Siapa pun yang mau periksa di sini, silakan. Ini tadi puluhan (warga) yang cek kesehatan," jelasnya.

Anis menuturkan, seusai dilakukan pemeriksaan, beberapa warga diberikan vitamin, tetes mata dan obat-obatan. Selain itu pihaknya mengimbau untuk upaya sementara, para warga diharapkan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

Sementara itu warga Jatirejo, Mojosongo, Sabini (62) mengaku, mengalami pusing dan sesak saat asap sisa kebakaran mengarah ke rumahnya.

Halaman
123
Penulis: Agus Iswadi
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved