Ini Manfaat dan Fungsi Aplikasi Layanan Masyarakat Berbasis Online Jogo Wargo Jogo Negoro

Polda Jateng bakal menghadirkan kembali sebuah aplikasi layanan masyarakat bernama "Jogo Wargo Jogo Negoro" pada, Minggu (13/10/2019

Ini Manfaat dan Fungsi Aplikasi Layanan Masyarakat Berbasis Online Jogo Wargo Jogo Negoro
TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Iskandar Fitriana Sutrisna saat melakukan press conference launching Pelayanan Publik Terintegrasi online bernama JOGO WARGO – JOGO NEGORO Polda Jawa Tengah di Press Room Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Jumat (11/10). Acara launcing akan berlangsung saat Car Free Day di area Simpang lima Semarang pada Minggu, 13 Oktober 2019. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna menyampaikan bahwa dalam dua hari ke depan, Polda Jateng bakal menghadirkan kembali sebuah aplikasi layanan masyarakat bernama "Jogo Wargo Jogo Negoro" pada, Minggu (13/10/2019) di kawasan Car Free Day (CFD) Simpanglima Kota Semarang.

Menurutnya, aplikasi Sistem Manajemen Informasi Laporan Elektronik (Smile) Poice tersebut bakal mencakup beberapa fitur yang dapat membantu masyatakat dalam menyampaikan informasi berbasis online dengan cepat ataupun menerima informasi dari kepolisian.

Meski sempat diluncurkan pada 2017 lalu, aplikasi ini sudah ter-update sehingga terintegrasi di seluruh Polres di Jawa Tengah.

Tidak hanya itu, Aplikasi yang baisa disebut Jogo Wargo ini juga mengintegrasikan seluruh layanan yang dimiliki Polda Jateng, semua Polres, DPRD Jateng, Pemerintah Provinsi, Dinas Kebakaran, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi, dan juga Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Provinsi.

Adapun isinya, New Smile Police memiliki 5 fitur (menu) yang bakal akrab terhadap masyarakat. Mulai dari menu pengaduan masyarakat, menu informasi warga meliputi informasi yang disampaikan maupun didapatkan oleh warga, menu panic button meliputi pengaduan informasi laka lantas maupun kriminal, menu kegiatan dan agenda kepolisian, dan juga menu agenda Kapolda Jateng.

"Nah dari 5 fitur tadi masyarakat bisa membuat pengaduan dengan cepat, menerima maupun memberikan informasi ke atau dari kepolisian, mengabarkan tindak kriminal ataupun kejadian laka lantas, menu agenda kepolisian, dan juga menu kegiatan Kapolda," terangnya dalam jumpa pers, Jumat (11/10/2019) di Mapolda Jateng.

Adapun tujuannya dengan luncurnya aplikasi ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat Jateng yang membutuhkan pelayanan polisi dengan cepat. Masyarakat dapat dengan mudah mengakses, mengetahui layanan serta informasi dari kepolisian.

Juga telah disediakan pelayanan onlin meliputi e-learning, e-bhabinkamtibmas, trust, e-complaint, e-office atau administrasi online, e-tilang, dan juga smart recident.

"Jadi nanti contohnya ada masyarakat melihat atau mendengar kejadian kriminal atau kecelakaan dapat dengan cepat dilaporkan. Sekiranya ada 4 tahap setelah klik menu yang ada dengan mencantumkan identitas sesuai KTP. Ada pula fitur komentar pada menu agenda Kapolda," lanjut Iskandar.

Rencananya, aplikasi Jogo Wargo Jogo Negoro akan diluncurkan langsung oleh kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel sekiranya pukul 06.00 WIB di lokasi CFD dengan dihibur langsung oleh artis papan atas Didi Kempot.

New Smile Police juga rencananya bakal hadir di playstore maupun APP Store berbasis Global Positioning System (GPS) dan dapat diunduh secara gratis.

Ada juga menu kegiatan dan agenda kepolisian seperti patroli, melihat agenda yang sudah terintegrasi sesuai tempat tinggal.

"Selain terintegrasi, juga akan menerima apa saja keluhan masyarakat. Masyarakat mengalami atau melihat kejahatan satu klik saja polisi sudah datang yang penting sudah download. Juga pengaduan seperti SPKT melalui online. Bisa juga memantau sejauh mana laporan kita oleh penyidik. Semua nanti terpantau dengan operatornya ada di Polda semua Polres," pungkasnya. (Sam)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved