Pantai Randusanga Indah di Brebes Banyak Sampahnya, Ini yang Dilakukan Puluhan Ibu-Ibu GOW

Puluhan ibu-ibu yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Brebes melakukan aksi bersih-bersih sampah

Pantai Randusanga Indah di Brebes Banyak Sampahnya, Ini yang Dilakukan Puluhan Ibu-Ibu GOW
Istimewa
Puluhan ibu-ibu memunguti sampah di Pantai Randusanga Indah (Parin) Kabupaten Brebes, Jumat (11/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Puluhan ibu-ibu yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Brebes melakukan aksi bersih-bersih sampah di Objek Wisata Pantai Randusanga Indah (Parin), Brebes, Jumat (11/10/2019).

Dalam pelaksanaannya, puluhan ibu-ibu melakukan bersih sampah secara manual. Mereka memunguti sampah berbagai jenis yang terdapat di bibir pantai.

Selanjutnya sampah dikumpulkan dan dibuang menggunakan truk pengangkut milik Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes.

Ketua GOW Brebes, Aqilatul Munawaroh mengatakan, aksi sosial tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-56 GOW.

Aksi tersebut diikuti 22 organisasi dari 29 organisasi wanita di Kabupaten Brebes yang menjadi anggota. Selain itu, juga melibatkan masyarakat sekitar pantai.

Ia menuturkan, dilakukannya aksi bersih sampah di pantai bukan tanpa alasan. Hal itu berawal dari keprihatinannya atas banyaknya sampah yang bertebaran di objek wisata yang terletak di Desa Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes itu.

"Kami gelar aksi sosial ini agar para pengunjung pantai sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Dikatakannya, sampah di Parin cukup banyak. Jika tidak ada yang memperhatikan kebersihannya, objek wisata unggulan Kabupaten Brebes itu pasti akan sepi pengunjung.

Sebelumnya, lanjutnya, GOW juga beberapa kali melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampai di beberapa lokasi di antaranya objek wisata Mangrove Sari, Desa Sawojajar, Kecamatan Brebes.

"Selain kegiatan sadar kebersihan lingkungan, juga akan melaksanakan kegiatan jalan sehat," tambahnya.

Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIII Kodim 0713 Brebes, Ita Pulungan menambahkan, Persit yang juga menjadi anggota GOW, merasa bangga dengan kegiatan sosial yang dilakukan induk organisasi wanita gabungan tersebut.

"Sambil membersihkan pantai kami refreshing. Semoga dengan kegiatan ini, warga masyarakat dan para pengunjung Pantai Randusanga Indah lebih memperhatikan kebersihan objek wisata yang menjadi salah satu andalan Brebes," katanya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved