Jelang Hari Santri, Bupati Tegal Masuk Nominasi Dalam Ajang Santri Of The Year 2019

Jelang Hari Santri pada 22 Oktober 2019 mendatang, Bupati Tegal Umi Azizah ternyata masuk nominasi pada ajang "Santri of The Year 2019".

Jelang Hari Santri, Bupati Tegal Masuk Nominasi Dalam Ajang Santri Of The Year 2019
ISTIMEWA
Bupati Tegal Umi Azizah menerima penghargaan KLA tingkat pratama. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Jelang Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2019 mendatang, Bupati Tegal Umi Azizah ternyata masuk nominasi pada ajang "Santri of The Year 2019".

Umi Azizah dinilai sebagai Santri Inspiratif oleh Islam Nusantara Center (INC) sehingga masuk nominasi pada ajang tersebut.

Umi tidak sendiri, Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Wali Kota Palangkaraya Umi Mastikah pun turut masuk nominasi sebagai Santri Inspiratif.

Kepada Tribunjateng.com, dia mengaku awalnya tidak tahu menahu nominasi yang digelar dalam rangka Hari Santri Nasional 2019 itu memasukkan dirinya.

''Waktu itu, anak saya memberitahukan ada nama saya dalam nominasi tersebut. Setelah saya lihat memang ada penyelenggaraan ''Santri of The Year 2019''. Di situ ada kriteria santri yang berperan aktif di berbagai bidang. Saya kan memang santri,'' ujar Umi kepada Tribunjateng.com, di sela acara, Sabtu (12/10/2019).

Menurut dia, nominasi tersebut lebih kepada penilaian kepemimpinannya pada program Pemkab Tegal terkait dengan jambanisasi.

Dijelaskan Umi, penyelenggara menilai realisasi program tersebut berbeda dengan daerah lain karena melibatkan masyarakat pedesaan.

''Menggerakkan masyarakat secara langsung dan turut terlibat membuat saya jadi pembeda dengan pelaksanaan program di daerah lain,'' kata Umi yang juga alumnus Pesantren Mambaul Ma'arif, Denanyar Jombang Jawa Timur ini.

Umi menjelaskan, pola jambanisasi ini tidak menggunakan sistem pengadaan atau proyek melalui kedinasan, dalam hal ini adalah Dinas Kesehatan.

''Jadi peran aktif masyarakat desa inilah yang mungkin menjadi penilaian dalam nominasi santri di bidang kepemimpinan. Yang pasti, perlu saya tegaskan bahwa program jambanisasi adalah kerja Pemkab Tegal,'' tegasnya.

Seperti diketahui, dalam website jaringansantri.com, Nominasi Santri Inspiratif dalam Bidang Kepemimpinan jatuh pada Thoriqul Haq (Bupati Lumajang), Umi Azizah (Bupati Tegal) dan Umi Mastikah, SH (Wakil Wali Kota Palangkaraya).

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2019, Islam Nusantara Center (INC) menyelenggarakan ajang “Santri of The Year 2019” yang puncaknya akan digelar pada Kamis, 21 November 2019 mendatang.

Santri of The Year 2019 ini dimaksudkan untuk menemukan dan menampilkan tokoh/figur pria dan wanita yang telah memberikan sumbangsih prestasi dalam bentuk gagasan inovatif. (Tribunjateng/gum).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved