Pengusaha Pencucian Jeans Tak Keberatan Bangun IPAL, Bupati Asip: Pemerintah Akan Fasilitasi

Kegigihan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam program penciptaan sungai bersih tanpa limbah industri membuahkan hasil.

Pengusaha Pencucian Jeans Tak Keberatan Bangun IPAL, Bupati Asip: Pemerintah Akan Fasilitasi
TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi berdialog dengan pengusaha batik dan jeans, Sabtu (12/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Kegigihan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam program penciptaan sungai bersih tanpa limbah industri membuahkan hasil.

Pengusaha pencucian jeans sepakat akan membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan permasalahan limbah yang dibuang begitu saja ke sungai tak hanya memunculkan pencemaran air, tanah, dan udara.

Bahkan telah memicu reaksi masyarakat dengan berunjuk rasa.

Padahal keresahan tersebut sudah disikapi dengan peluncuran program Resik-resik Kali atau bersih-bersih sungai.

Juga melalui program fasilitasi IPAL pribadi dan komunal.

"Karena dengan program kaline resik rejekine apik, wis ora jamane kaline kotor rejekine gelontor. Pemerintah menginginkan lingkungan berjalan secara baik. Jadi tidak menghentikan industri masyarakat bahkan mendukung industri berjalan secara baik dan meningkat," kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi seusai audiensi dengan para pengusaha pencucian jins di pendapa rumah dinas bupati, Sabtu (12/10/2019).

Pemerintah pun melakukan pendekatan dengan pengusaha untuk membuat IPAL pribadi sehingga limbah yang dibuang ke sungai sudah sesuai baku mutunya dan tidak mencemari.

Tidak hanya itu, pemerintah juga membangun bak limbah di Desa Simbang Kulon, Kecamatan Buaran, dan Desa Pakis Putih, Kecamatan Kedungwuni.

"Kami juga melakukan langkah preventif dengan melakukan penutupan usaha yang tidak berizin dan bandel. Sekarang ini alhamdulillah pengusaha sepakat dengan program pemerintah. Sehingga akan difasilitasi, mengenai persoalan perizinan sistem akan disederhanakan. Harapannya, semua patuh serta tetap dapat menjalankan usaha secara baik," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved