Contohkan Layanan Jemput Bola, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin Antarkan E-KTP pada Warga Difabel

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pati Rubiyanto mendatangi tempat tinggal Warni

Contohkan Layanan Jemput Bola, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin Antarkan E-KTP pada Warga Difabel
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (kedua dari kiri) bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pati Rubiyanto mendatangi tempat tinggal Warni (80) di Desa Gabus RT 5 RW 3, Kecamatan Gabus untuk menyerahkan E-KTP, Rabu (16/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pati Rubiyanto mendatangi tempat tinggal Warni (80) di Desa Gabus RT 5 RW 3, Kecamatan Gabus, Rabu (16/10/2019).

Maksud kedatangan mereka untuk menyerahkan E-KTP milik Warni (80) yang merupakan seorang difabel.

Saiful Arifin menyebut, pendistribusian E-KTP tersebut merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat dengan sistem jemput bola atau datang langsung ke tempat tinggal warga, khususnya warga difabel.

"Seperti inilah salah satu pelayanan yang saya maksud. Mengantarkan E-KTP secara langsung kepada warga difabel," ujar pria yang akrab disapa Safin ini.

Meski saat ini masih banyak E-KTP yang belum jadi, Safin berharap, disdukcapil terus melakukan jemput bola.

"Mana yang belum, itu yang harus kita dahulukan. Terkait masalah blangko (yang jumlah ketersediaannya sering kurang memadai-red.), itu kan memang dari pusat. Jadi ya mau bagaimana lagi. Kan kita juga tidak bisa mencetak sendiri," imbuhnya.

Menurut Safin, yang terpenting ialah menciptakan pelayanan yang dekat dengan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Pati Rubiyanto mengatakan, sesuai dengan visi dan misi Bupati Pati dan Wakil Bupati Pati, sebisa mungkin pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan.

"Satu di antaranya pelayanan dengan jemput bola. Seperti hari ini kita menyerahkan enam E-KTP kepada warga disabilitas," ucapnya.

Ia mengajak masyarakat untuk memfoto dan melaporkan apabila ada informasi dari masyarakat terkait warga disabilitas yang mengurus E-KTP.

Sesegera mungkin, lanjutnya, bila terdapat stok blangko pihaknya akan langsung mencetak dan mendistribusikannya kepada warga difabel yang bersangkutan.

"Disabilitas ini kan ada komunitasnya, apabila nanti ada laporan kaitannya dengan kepengurusan E-KTP oleh mereka, kita nanti jemput bola," ungkapnya.

Rubiyanto menyebut, pelayanan jemput bola ini bukan kali pertama dilakukan.

Sebab, selama ini apabila ada warga sakit yang mengurus E-KTP untuk mendaftar BPJS, pihaknya juga jemput bola. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved