Proyek Tol Bandung-Garut-Tasikmalaya Bisa Diambil Alih Pemprov Jabar

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Oleh Soleh menyarankan agar Pemprov Jawa Barat dapat segera menyiapkan strategi penganggaran.

Dokumentasi Kementerian PUPR
Ilustrasi proyek jalan tol. Dalam foto ini adalah proyek Tol Cisumdawu. 

TRIBUNJATENG.COM, BANDUNG - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Oleh Soleh menyarankan agar Pemprov Jawa Barat dapat segera menyiapkan strategi penganggaran.

Saran itu disampaikan Oleh karena ada informasi proyek Jalan Tol Bandung-Garut-Tasikmalaya bisa lebih cepat terealisasi dari perencanaan.

Syaratnya adalah bila anggaran dari Pemprov Jawa Barat sudah siap.

"Pembangunan tol yang merupakan domain Pemerintah Pusat, kami berharap tidak ada hambatan pencairan anggaran. Bisa pula dianggarkan melalui APBD Jawa Barat," kata Oleh saat ditemui di Tasikmalaya, Kamis (17/10/2019).

Penganggaran yang bisa dilakukan menurutnya, bisa melalui penganggaran pola tahun jamak, obligasi, atau peminjaman uang ke lembaga keuangan.

"Sehingga pembangunan tol mandiri dibangun dan dioperasikan oleh BUMD Jasa Sarana yang dikelola Pemprov Jabar," jelasnya.

"Kami kira ini lebih baik. Selain bisa mengelola sendiri, Pemprov Jabar juga mendapat keuntungan serapan PAD," lanjut Oleh Soleh.

Di sisi lain, progres perencanaan pembangunan tol tersebut dinilai DPRD Jawa Barat sudah siap.

"Progresnya saat ini tinggal eksekusi, yakni pembebasan tanah, lalu pembangunan infrastruktur."

"Mengenai izin sudah selesai, FS dan DED sudah selesai," katanya.

Halaman
12
Editor: deni setiawan
Sumber: Gridmotor.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved