TMMD Cilacap

Program Nonfisik TMMD Reguler, Dinas Arsip Kabupaten Cilacap Kenalkan Pengarsipan Elektronik

Kegiatan Non Fisik TMMD Reguler, Dinas Arsip Kabupaten Cilacap Kenalkan Pengarsipan Elektronik

Program Nonfisik TMMD Reguler, Dinas Arsip Kabupaten Cilacap Kenalkan Pengarsipan Elektronik
IST
Kegiatan Nonfisik TMMD Reguler, Dinas Arsip Kabupaten Cilacap kenalkan pengarsipan elektronik 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP – Dinas Arsip Kabupaten Cilacap meneruskan upaya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB), dalam memanfaatkan teknologi melalui penerapan e-government untuk pengelolaan arsip desa secara tertib dan terpadu.

Disinergikan dengan program non fisik TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap, Dinas Arsip Kabupaten Cilacap melalui Cilacap Kabid Kearsipan, Sugeng, menjelaskan tentang tata kelola kearsipan berbasis elektronik yang siap menggantikan cara manual.

Kegiatan Non Fisik TMMD Reguler, Dinas Arsip Kabupaten Cilacap Kenalkan Pengarsipan Elektronik
Kegiatan Non Fisik TMMD Reguler, Dinas Arsip Kabupaten Cilacap Kenalkan Pengarsipan Elektronik (IST)

“Pengarsipan elektronik menjadi salah satu indikator penilaian keberhasilan pelaksanaan program SAKIP dan reformasi birokrasi," ucapnya di depan puluhan warga masyarakat Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, di Balai Desa. Rabu (16/10/2019).

Dijelaskannya mendalam tentang keuntungannya penerapan teknologi yaitu, data arsip akan lebih terintegrasi, dinamis, mudah dan cepat dicari, simultan dan terarah.

“Dengan cara ini maka akan lebih melindungi kepentingan negara. Karena jika disimpan manual lebih rentan rusak oleh berbagai faktor alam maupun binatang, sehingga penerapan e-government di bidang kearsipan bukan lagi sebuah pilihan, akan tetap sebuah kebutuhan dan kewajiban,” tegasnya.

Pembangunan sistem teknologi kearsipan akan menjamin ketersediaan akses data dan informasi yang dapat dimanfaatkan oleh setiap aparatur negara di masa mendatang untuk mendukung fungsi dan kinerja setiap kementerian dan lembaga dalam menetapkan rencana program pembangunan bidang ekonomi, sosial, politik dan berbagai bidang lainnya.

“Dengan arsip yang valid maka pembangunan pemerintah akan sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

Selain materi, Sugeng yang dibantu Dahlan, juga memandu secara langsung aplikasi pengarsipan perangkat desa setempat dengan menggunakan laptop. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved