Ribuan Warga Sragen Ikuti Kirab Gong Kyai Bayan

Saat membuka kirab Gong Kyai Bayan berjanji akan membenahi obyek wisata Bayanan, Bupati Sragen janji bakal benahi fasilitas di Bayanan

Ribuan Warga Sragen Ikuti Kirab Gong Kyai Bayan
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Kirab Gong Kyai Bayan di event Merti Umbul Tirta Nirmala Bayanan di Desa Jambeyan Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Ribuan warga Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirehjo, Sragen mengikuti kirab Gong Kyai Bayan, Jumat (18/10/2019).

Kirab yang masuk dalam rangkaian acara Merti Umbul Tirta Nirmala Bayanan itu dimulai dari ujung desa hingga berakhir di umbul obyek wisata Bayanan.

Event ini merupakan yang pertama kali digelar.

Tak hanya kirab, Merti Umbul Tirta Nirmala Bayanan yang bakal berlangsung selama tiga hari sejak Kamis hingga Sabtu (17-19/10/2019) besok itu juga menampilkan beragam acara.

Mulai dari reresik umbul, nyadranan petilasan Eyang Anom, kirab, saraesehan budaya, pentas seni, lomba mewarnai, pentas seni, hingga mancing gratis.

Kabid Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen, Agus Endarto mengatakan, Merti Umbul Tirta Nirmala Bayanan merupakan rekonstruksi sejarah asal usul wisata Bayanan.

Merti, kata dia, diartikan syukur atas hasil alam yang melimpah dan menggali warisan leluhur akan upaya pemanfaatannya.

"Sesuatu yang terbengkalai menjadi keberkahan. Yang berbahaya menjadi keselamatan bagi kehidupan," kata dia, Jumat (18/10/2019).

Sejarah mengenai Bayanan sudah tercatat sejak akhir abad 19.

Dulu, setiap tahun tepatnya pada Kamis Legi bulan Suro banyak masyarakat dari Ponorogo, Ngawi, dan sekitarnya datang ke Bayanan.

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved