Apa hasil penelitian DNA terhadap Najwa Shihab? Ini Jawabannya

Belakangan ini lagi ramai membicarakan tes DNA. Historia sebuah majalah daring meneliti DNA dari 16 relawan terkait asal usul orang Indonesia.

Apa hasil penelitian DNA terhadap Najwa Shihab? Ini Jawabannya
instagram/najwa shihab
Najwa Shihab 

TRIBUNJATENG.COM -- Belakangan ini lagi ramai membicarakan tes DNA. Historia sebuah majalah daring meneliti DNA dari 16 relawan terkait asal usul orang Indonesia.

Satu di antara yang diteliti DNA-nya adalah Najwa Shihab jurnalis terkenal yang sering membuat narasumber sulit menjawab pertanyaan.

Apa hasil penelitian DNA terhadap Najwa Shihab?

Ternyata Nana panggilan dia, memiliki 10 fragmen DNA dari moyang yang berasal dari Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa Utara, diaspora Asia, diaspora Afrika, dan diaspora Eropa.

Komposisinya sebesar 48,54 persen South Asian, North African 26,81 persen, African 6,06 persen, East Asian 4,19 persen, African Dispersed 4,15 persen, Middle Eastern 3,48 persen, Southern European 2,20 persen, Northern European 1,91 persen, dan Asian Dispersed 1,43 persen.

Terkait banyaknya fragmen DNA yang ada di dalam dirinya, Najwa merasa itu sebagai sebuah anugerah dan sudah selayaknya ia merayakan keberagaman itu.

"Bagaimana kita harus merayakan keberagaman, dan ketika saya tahu bahwa ada 10 nenek moyang di dalam darah rasanya itu betul-betul, ya, jadi merayakan sama-sama keberagaman yang ada di diri kita, lewat jalur apa pun, lewat cara apapun," ujar Najwa Shihab kepada Kompas.com, Kamis (17/10/2019).

Mengetahui banyaknya fragmen DNA pada setiap orang membuat Najwa semakin yakin bahwa Indonesia adalah bangsa yang begitu kosmopolitan. Beragam etnis, suku, dan budaya hidup berdampingan selama berabad-abad lamanya.

"Kita menjadi Indonesia karena kita sepakat ini rumah bersama yang menjadikan kita Indonesia, niat bersama untuk menjadikan rumah Indonesia bagi semua. Jadi kesadaran menjadikan Indonesia sebagai rumah bagi semua itu yang menjadikan kita Indonesia tanpa melihat latar belakang kita," ujar Najwa Shihab.

Yang menarik, hasil penelitian DNA ini juga disajikan dalam bentuk pameran yang disandingkan dengan berbagai benda prasejarah hasil peradaban manusia selama berpuluh-puluh ribu tahun.

Pameran ini bernama ASOI: Asal Usul Orang Indonesia yang digelar di Museum Nasional, Jakarta Pusat, pada 15 Oktober-10 November 2019.

Para relawan itu terdiri dari berbagai profesi dan latar belakang yang berbeda, antara lain Ariel NOAH, Najwa Shihab, Mira Lesmana, Ayu Utami, dan Riri Riza. Sebagian lainnya merupakan peserta umum yang terpilih sebagai relawan untuk tes DNA tersebut.

Penelitian ini juga ditujukan untuk menjawab dari mana asal usul bangsa Indonesia yang memiliki 700 lebih bahasa dan 500 populasi etnik dengan budaya yang beragam.

Penelitian genetik ini memakai metode DNA mitokondria yang diturunkan melalui jalur maternal atau ibu, lalu kromosom Y yang hanya diturunkan dari sisi paternal atau ayah, serta DNA autosom yang diturunkan dari kedua orangtua.

Penanda genetik itu menunjukkan bukti adanya pembauran beberapa leluhur genetik yang datang dari periode maupun dari jalur yang beragam (kompas.com)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved