Basbeth Sebut BAB Sembarangan Bisa Picu Stunting

Ternyata permasalahan stunting atau gizi buruk tidak hanya disebabkan oleh kurangnya gizi dan asupan balita

Basbeth Sebut BAB Sembarangan Bisa Picu Stunting
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Kepala Dinkes Batang, Hidayah Basbesth saat ditemui di kantornya 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Ternyata permasalahan stunting atau gizi buruk tidak hanya disebabkan oleh kurangnya gizi dan asupan balita.

Namun masalah kebersihan juga menjadi salah satu pemicu dari stunting, seperti kebiasaan Buang Air Besar (BAB) sembarangan atau sanitasi yang buruk.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Batang, dr Hidayah Basbeth saat pertemuan Bupati dengan Kepala Desa dalam rangka jamban sehat, di Aula Kantor Bupati, Senin (21/10/2019).

"Jadi memang salah satu penyebab stunting adalah pola makan, pola asuh atau kurangnya gizi, dan ternyata snitasi buruk atau masih BAB sembarang juga menjadi penyebabnya," terangnya.

Basbeth menjelaskan hubungannya BAB sembarangan yang menyebabkan terjadinya stunting yaitu terkait air bersih menimbulkan berbagai penyakit apalagi pada ibu hamil.

"BAB sembarangan dapat menimbulkan berbagai penyakit, apalagi bila sedang hamil jadi gampang sakit, sehingga kalau bumil sakit bisa melahirkan berat badan bayi rendah," jelasnya.

Dia menambahkan sanitasi yang baik seperti stop BAB sembarangan, menjaga kebersihan lingkungan, cuci tangan pakai sabun, dan pengelolaan air untuk minum dan makan juga memegang peranan penting dalam pencegahan stunting.

"Jadi saya berharap semua ikut berperan untuk menjaga kebersihan lingkungan tidak BAB sembarangan, dan untuk bumil bisa menjaga asupan gizi dan menjaga kebersihan," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved