Dugaan Jual Beli Jabatan di Kudus, Uka Akui Terima Uang Rp 50 Juta Untuk Beli Motor Trail

Sidang kasus dugaan jual beli jabatan yang menyeret Bupati Kudus non aktif HM Tamzil digelar di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (21/10).

Dugaan Jual Beli Jabatan di Kudus, Uka Akui Terima Uang Rp 50 Juta Untuk Beli Motor Trail
TRIBUN JATENG/RAHDYAN TRIJOKO PAMUNGKAS
Mantan Ajudan Bupati Kudus Uka Wisnu Sejati tengah memberikan keterangan terjait kasus suap jabatab. Diketahui Uka merupakan anggota Polres Kudus yang dijadikan ajudan oleh Bupati 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sidang kasus dugaan jual beli jabatan yang menyeret Bupati Kudus non aktif HM Tamzil digelar di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (21/10).

Pada kasus tersebut, Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU) baru menyidangkan terdakwa yang merupakan Plt Sekertaris DPPKAD Kabupaten Kudus Akhmad Sofyan.

Sidang dipimpin oleh ketua majelis hakim Antonius Widijantono telah memasuki tahap pemeriksaan saksi.

Ada adapun saksi dihadirkan di antaranya Staf khusus Bupati Kudus Agoes Soeranto , ajudan Bupati Kudus Uka Wisnu Sejati, serta Staf Tata Usaha dan protokol Bupati Kudus Norman Rifki Dinanto.

Dalam persidangan saksi, Uka Wisnu Sejati mengaku menyetorkan uang untuk memuluskan kenaikan jabatan terdakwa kepada Bupati melalui Agoes Soeranto.

Saksi Uka mengaku kenal dengan terdakwa saat masih berdinas di Satreskrim Polres Kudus.

Saat itu dirinya meminta tolong terdakwa yang masih berdinas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk mengungkap kejahatan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Sejak itulah, dirinya memiliki kedekatan dengan terdakwa.

Hingga pada akhirnya terdakwa tahu bahwa dirinya menjadi ajudan Bupati Kudus dan dimintai tolong untuk membantu menaikkan pangkat definitif menjadi sekertaris DPPKAD Kabupaten Kudus

"Waktu apel pagi pada bulan September 2018, Sofian mendatangi saya dan meminta agar disampaikan ke Bupati Kudus untuk dinaikkan pangkat, "tutur dia

Halaman
1234
Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved