Puluhan Rumah Rusak Akibat Terjangan Angin Kencang yang Melanda Sejumlah Wilayah di Karanganyar

Dampak angin kencang paling banyak terjadi di Kecamatan Ngargoyoso dengan 37 rumah yang mengalami kerusakan

Puluhan Rumah Rusak Akibat Terjangan Angin Kencang yang Melanda Sejumlah Wilayah di Karanganyar
Tribunjateng.com/Agus Iswadi
Anggota BPBD Karanganyar dibantu warga dan relawan saat memangkas pohon tumbang di Kecamatan Ngargoyoso, Senin (21/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Puluhan rumah warga di lima kecamatan mengalami kerusakan akibat terjangan angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Karanganyar Minggu (20/10/2019) kemarin.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjateng.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, angin kencang yang terjadi di Kecamatan Jatiyoso, Ngargoyoso, Jenawi, Tawangmangu dan Karangpandan mengakibatkan puluhan rumah warga mengalami kerusakan.

Data sementara dari BPBD Karanganyar tercatat ada sekitar 54 rumah warga yang terdampak angin kencang yang terjadi sejak kemarin pagi hingga malam.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko menyampaikan, data sementara rumah yang terdampak angin kencang terjadi di 5 kecamatan yakni Kecamatan Ngargoyoso, Jenawi, Jatiyoso, Karangpandan dan Tawangmangu.

"Itu data sementara, dampak angin kencang terjadi di 5 kecamatan. Ini anggota dibagi tiga tim dan menyebar ke masing-masing kecamatan. Pertama mendata dulu, mengirim logistik, dan sebagian ikut kerja bakti mengevakuasi pohon tumbang yang terdampak di rumah warga," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (21/10/2019).

Ia menyampaikan, kerusakan paling banyak atap rumah warga kabur akibat terjangan angin kencang, Selain itu ada pula atap rumah warga yang tertimpa pohon. "Kerugiannya belum tahu, masih didata," terangnya.

Dalam mengantisipasi peralihan musim pihaknya berkoordinasi dengan Dishub PKP Karanganyar dan Pemerintah Desa untuk melakukan pemangkasan pohon yang sudah tua dan rimbun. "Kita sosialisasikan kepada masyarakat terkait persiapan pergantian musim. Seperti pemangkasan pohon yang sekira sudah tua dan rimbun," tutur Kalakhar BPBD Karanganyar.

Lanjut Bambang, setelah dilakukan pendataan rumah warga yang terdampak angin kencang, selanjutnya akan dimasukan ke data base penerimaan Bantuan Sosial (bansos) dari Pemkab Karanganyar.

Secara terpisah Camat Tawangmangu, Rusdianto mengatakan, di wilayah Tawangmangu ada rumah warga yang terdampak angin kencang, akan tetapi sampai saat ini ia belum menerima laporan jumlah detail rumah warga yang terdampak angin kencang.

"Jumlahnya berapa belum menerima laporan. Tapi ada satu rumah warga roboh di daerah Blumbang. Robohnya sekira pukul 19.30. Rumah terbuat dari kayu. Ini beberapa warga sedang kerja bakti," paparnya. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved