Bandara Semarang : Alam Puji Fasilitas Orang Berkebutuhan Khusus di Bandara Ahmad Yani

Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang meluncurkan ruang multisensori bagi anak berkebutuhan khusus, terutama autisme

Bandara Semarang : Alam Puji Fasilitas Orang Berkebutuhan Khusus di Bandara Ahmad Yani
Tribun Jateng/ M Nur Huda
Ilustrasi / Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang meluncurkan ruang multisensori bagi anak berkebutuhan khusus, terutama autisme, Senin (21/10) lalu.

Adanya fasilitas itu dipuji Bramudya Nur Alam (20), anak berkebutuhan khusus yang biasa menggunakan jasa penerbangan di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Ia merupakan penyandang disabilitas. Sehari-hari Alam menggunakan kursi roda untuk menunjang aktivitasnya.

Alam beberapa kali menggunakan pesawat melalui Bandara Jenderal Ahmad Yani. Menurutnya, fasilitas bagi orang berkebutuhan khusus dari lokasi kedatangan penumpang hingga di dalam pesawat cukup lengkap.

"Mempermudah, menunjang tubuh kami ketika menjalani aktivitas. Sarana di Bandara Ahmad Yani sangat layak dan nyaman," sebut Alam.

Bandara Ahmad Yani juga memiliki special need holding room bagi orang berkebutuhan khusus. Ruangan tersebut berada di samping lokasi check in penumpang. Sambil menunggu proses check in pesawat, ruangan itu dapat digunakan beristirahat.

"Untuk teman-teman saya yang autisme juga ada ruangannya supaya dia bisa tenang. Terima kasih, kami sebagai penyandang disabilitas sudah diberi fasilitas yang cukup," katanya.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I, Devy Suradji, menyebutkan, fasilitas bagi orang berkebutuhan khusus tersebut tidak hanya untuk penyandang disabilitas. Melainkan juga untuk ibu hamil, anak di bawah 12 tahun tanpa pendamping, lansia, orang sakit, dan autis.

"Bagi penyandang autis kita juga memiliki multisensori room. Mereka dapat menenangkan diri sebelum naik pesawat. Fasilitas ini pertama ada di bandara se-Asia Pasifik," ujarnya.

Prosedur penggunaan fasilitas bagi orang berkebutuhan khusus tersebut hanya dengan menyebutkan kepada petugas ketika check in. Ketika memasuki area boarding pass, penyandang autis disediakan multisensori room dan orang berkebutuhan khusu lainnya dapat duduk di kursi yang disediakan khusus.

"Angkasa Pura I ingin mensosialisasikan kepada publik bahwa rekan-rekan yang berkebutuhan khusus setara dengan lainnya," sebutnya. (jam)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved