Operasi Zebra Candi Dimulai, Polres Brebes Targetkan Jaring 300 Pelanggar Lalu Lintas Tiap Hari

"Dalam operasi ini, penekanannya 80 persen penindakan dan 20 persen preventif (pencegahan)," jelasnya

Operasi Zebra Candi Dimulai, Polres Brebes Targetkan Jaring 300 Pelanggar Lalu Lintas Tiap Hari
Tribunjateng.com/M Zaenal Arifin
Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono melakukan pengecekan dalam gelar pasukan Operasi Zebra Candi 2019 di halaman Mapolres Brebes, Rabu (23/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Polres Brebes menggelar operasi zebra candi 2019 yang ditandai dengan gelar pasukan yang dipimpin Kapolres Brebes, AKBP Aris Supritono, di halaman Mapolres Brebes, Rabu (23/10/2019).

Operasi zebra candi akan digelar selama dua pekan yaitu sampai 5 November mendatang. Selama operasi berlangsung, ditargetkan mampu menjaring 300 pelanggar lalu lintas tiap harinya.

"Targetnya menjaring 300 pelanggar lalu lintas tiap hari sampai operasi zebra candi selesai," kata Kabag Ops Polres Brebes, Kompol Raharja, usai gelar pasukan.

Dalam operasi zebra candi, kata Raharja, ada delapan jenis pelanggaran yang menjadi penekanan. Yaitu pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara, pengemudi yang melawan arus, pengemudi sepeda motor yang melebihi kapasitas (muatan dan orang).

Kemudian, pengemudi kendaraan di bawah umur, pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helm, pengemudi mobil yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi yang menggunakan narkoba atau mabuk, dan pengemudi yang melebihi batas kecepatan.

"Dalam operasi ini, penekanannya 80 persen penindakan dan 20 persen preventif (pencegahan)," jelasnya.

Dikatakannya, angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah cukup tinggi. Karena itu, operasi zebra candi diharapkan mampu meningkatkan kesadaran, kepatuhan masyarakat dalam mewujudkan keamanan, dan keselamatan dalam berlalu lintas.

"Operasi ini untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan kamseltiblancar," tambahnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar melengkapi diri dengan surat menyurat kendaraan saat akan berkendara. Selain itu, juga menaati rambu-rambu lalu lintas. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved