Lewat Medsos, Julia Inisiasi Donasi Air Buat Warga Terdampak Kekeringan di Banjarnegara

Menurut Arief Rahman, kebencanaan memang menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha

Lewat Medsos, Julia Inisiasi Donasi Air Buat Warga Terdampak Kekeringan di Banjarnegara
Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki
Droping air bersih ke Desa Petir Kecamatan Purwanegara Banjarnegara. 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Kepedulian masyarakat terhadap korban bencana alam tak perlu diragukan lagi. Setiap kali terjadi bencana, terutama yang skalanya besar, masyarakat berduyun-duyun membantu. Baik bantuan tenaga, uang hingga berbagai barang keperluan para korban.

Di sisi lain, kepedulian masyarakat terhadap bencana kekeringan sepertinya masih kurang. Padahal dampak bencana ini tak kalah mengerikan.

Siapapun sepakat, air adalah sumber kehidupan. Masyarakat yang dilanda krisis air bersih tentu terancam kehidupannya. Air menjadi barang mahal yang diperjualbelikan.

Sebagian mereka hanya mengandalkan bantuan air bersih dari pemerintah. Terlebih bagi mereka yang tidak mampu membeli air karena tak memiliki cukup uang. Tetapi bantuan pemerintah terbatas.

Sedangkan wilayah terdampak begitu luas.

Di Banjarnegara, BPBD sudah menjadwal droping air bersih ke 41 desa. Jumlah ini lebih banyak dari pemetaan desa rawan kekeringan tahun sebelumnya sebanyak 35 desa.

Ini pula yang memantik seorang warganet, Julia Alela, warga Banjarnegara untuk menghimpun donasi air via media sosial. Ia prihatin terhadap nasib warga yang kesulitan mengakses air bersih karena kekeringan.

Senin pagi (28/10), Julia menyerahkan donasi dari teman-temannya itu ke BPBD Banjarnegara untuk diteruskan ke masyarakat dalam bentuk air.

"Saya upload kondisi kekeringan di Desa Petir di IG, terus ada bebetapa teman yang peduli lalu donasi,"kata alumnus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini

Julia awalnya tak berniat menggalang donasi air di media sosial. Ia hanya membagi pengalamannya saat ikut membagikan bantuan air bersih di Desa Petir Kecamatan Purwanegara. Di situ, ia melihat pemandangan yang membuat hatinya terkoyak.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved