DLH Purbalingga Gelar FGD Pengolahan Sampah, Bahas Integrasi dari Sumber Sampai Proses Akhir

Penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Startegi Nasional (Jakstranas) tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

DLH Purbalingga Gelar FGD Pengolahan Sampah, Bahas Integrasi dari Sumber Sampai Proses Akhir
IST
FGD dalam penyusunan Jakstrada ini, yang melibatkan Kepala OPD, Karangtaruna, Paguyuban Kepala Desa se-Purbalingga, Forum Purbalingga Bersih, dan Komunitas Hijau Purbalingga, Senin (28/10) di OR Graha Adiguna. 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Startegi Nasional (Jakstranas) tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, menjadi trobosan baru dalam pengeolaan sampah tingkat nasional.

Pemkab Purbalingga menindaklanjutinya melalui Penyusunan Dokumen Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) khususnya dalam rangka pengolahan sampah.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dalam penyusunan Jakstrada ini, yang melibatkan Kepala OPD, Karangtaruna, Paguyuban Kepala Desa se-Purbalingga, Forum Purbalingga Bersih, dan Komunitas Hijau Purbalingga, Senin (28/10) di OR Graha Adiguna.

Kepala DLH Purbalingga, Priyo Satmoko menargetkan penyusunan Jakstrada ini bisa selesai November mendatang.

“FGD melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan pengelolaan sampah terintegrasi dari sumber sampai ke pemrosesan akhir,” katanya.

Tujuan kegiatan FGD Penyusunan Jakstrada ini, kata dia, untuk rencana identifikasi potensi timbunan sampah, pengumpulan data pengolahan sampah, penyusunan neraca pengolahan sampah, penetapan strategis dan target pengurangan dalam penanganan sampah di Purbalingga.

Festival Drumblek di Kampung Ragam Warna, Bupati Mirna Apresiasi Kreatifitas Warga

Kenalkan Objek Wisata Ciblon Sigesing, Ratusan Pemancing Perebutkan Hadiah Utama Sepeda Motor

Selama 20 Hari Polres Kebumen Tangkap 9 Pelaku Curanmor, 4 Diantaranya Pelajar

TAPD dan Badan Anggaran DPRD Kota Tegal Sepakati Rancangan KUA PPAS 2020

Wakil Ketua DPRD, Tenny Juliawati mengatakan, pihaknya siap mendukung dan mengawal kebijakan itu dalam hal anggaran.

Ini dibutuhkan agar tahun 2023 Purbalingga bisa bebas sampah.

“Semua unsur khususnya para Kepala OPD saya harap dapat mendukung dan DLH sebagai Leading Sector dalam pengendalian sampah dengan membuat program yang konkrit di masing-masing OPD,” katanya.

Bupati Purbalingg Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan, FGD ini diharapkan bisa memunculkan gagasan dan ide-ide terkait pengelolaan sampah di Purbalingga.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved