Ngopi Pagi

Fokus : Pemuda dan Perubahan

Peringatan Sumpah Pemuda, tidak lahir begitu saja, namun ini sebagai tanda perjuangan pemuda dalam membela tanah air, dengan segala pengorbanan jiwa

Fokus : Pemuda dan Perubahan
tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
RUSTAM AJI wartawan Tribun Jateng 

Oleh Rustam Aji

Wartawan Tribun Jateng

Senin (28/10) lalu, bangsa kita baru saja merayakan Hari Sumpah Pemuda.
Peringatan Sumpah Pemuda, tidak lahir begitu saja, namun ini sebagai tanda perjuangan pemuda dalam membela tanah air, dengan segala pengorbanan jiwa dan raga.

Tepatnya 28 Oktober 1928, berlangsung Kongres Pemuda yang dihadiri oleh organisasi kepemudaan dari sejumlah daerah dan menjadi hari lahirnya Sumpah Pemuda.

Sebagaimana diketahui, Kongres Pemuda itu melahirkan sebuah kesepakatan yang monumental, yakni sumpah pemuda: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia; Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia; Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kongres itu menjadi bukti bahwa perjuangan pemuda dalam mengupayakan kemerdekaan telah berlangsung sebelum Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Apa yang bisa diteladani dari pemuda? Pemuda tidak hanya sekadar simbol semangat dan keberaniannya yang menggelora, tetapi lebih dari itu pemuda adalah agent of change (agen perubahan). Dan, itu sudah dibuktikan sejak dulu.

Bahkan, dengan lantang Presiden Soekarno pernah melontarkan sebuah tantangan: beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia!

Maknanya apa? Soekarno tentu sadar betul dengan potensi yang dimiliki para pemuda. Dia yakin betul, keberadaan pemuda akan mampu mengubah dunia. Tentu yang diharap Soekarno bukanlah sembarang pemuda. Tetapi pemuda yang mempunyai idealisme dalam membangun bangsa dan negara, bukan pemuda yang hanya mau mementingkan dirinya sendiri (egois).

Karena itu, tak berlebihan bila kemudian lazim kita dengar bahwa pemuda adalah generasi penerus bangsa. Di pundaknya masa depan bangsa ini dipertaruhkan.

Halaman
12
Penulis: rustam aji
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved