TMMD Kodim Jepara 2019

Danrem 073/Makutarama Resmi Tutup TMMD Reguler Ke 106 Kodim 0719/Jepara

Upacara penutupan TMMD Reguler Ke 106 Kodim 0719/Jepara di Desa Tanjung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Jepara, Kamis (31/10/2019).

Danrem 073/Makutarama Resmi Tutup TMMD Reguler Ke 106 Kodim 0719/Jepara
IST
Upacara penutupan TMMD Reguler Ke 106 Kodim 0719/Jepara di Desa Tanjung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Jepara, Kamis (31/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Pada TMMD Ke-106 Tahun 2019 ini telah dilaksanakan pembangunan sasaran fisik berupa pembangunan/rehab sarana infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah seluruh Indonesia diantaranya sarana transportasi berupa jalan, jembatan, renovasi dan pembangunan rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi rumah tidak layak huni serta pembangunan sarana sanitasi.

Pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan Bela Negara, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan Pertanian, penyuluhan Peternakan, penyuluhan Kesehatan dan lain-lain.

Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, aksi terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas, serta isu bangkitnya kembali paham komunisme, paham radikalisme, dan lain sebagainya yang semuanya dapat mengancam stabilitas Ketahanan Nasional Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, SE, MM, dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Arm Moch Erwansjah pada upacara penutupan TMMD Reguler Ke 106 Kodim 0719/Jepara di Desa Tanjung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Jepara, Kamis (31/10/2019).

Upacara tersebut dihadiri oleh Asren Kodam IV/Diponegoro Kolonel Inf Eko Heriyanto, Aspres Kodam IV/Diponegoro Kolonel Inf Gatot Heru Buana, LO TNI AU Kodam IV/Diponegoro, Forkopimda Kabupaten Jepara, Pejabat Dinas/Instansi terkait, dan para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta organisasi kemasyarakatan.

Dijelaskan, bahwa TMMD Reg 106 kali ini dengan mengangkat tema “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat”. Makna yang terkandung dari tema tersebut adalah bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat secara bersama sama melaksanakan percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum danfasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Operasi Bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai wujud yang salah satunya adalah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

TMMD merupakan program kerja sama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang mensinergikan program masing masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

Setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan peninjauan pasar murah dan sasaran fisik pengecoran jalan, rehab RTLH dan jambanisasi. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved