FOKUS : Menu Politik Nasi Goreng hingga Nasi Pecel Soekarno

Negeri ini kaya raya. Kaya tambang, perkebunan, buah-buahan, pertanian, peternakan, perikanan, dan lainnya. Pantas bersemboyan “gemah ripah loh jinawi

FOKUS : Menu Politik Nasi Goreng hingga Nasi Pecel Soekarno
tribunjateng/bram
Sujarwo atau Pak Jarwo wartawan Tribun Jateng 

Oleh Sudjarwo

Wartawan Tribun Jateng

Negeri ini kaya raya. Kaya tambang, perkebunan, buah-buahan, pertanian, peternakan, perikanan, dan lainnya. Pantas bersemboyan “gemah ripah loh jinawi”, tenteram dan makmur serta sangat subur tanahnya.

Dalam urusan perut, beragam menu tersaji. Tiap daerah memiliki menu khas. Semua menu dari bahan milik sendiri, tak perlu repot-repot impor. Boleh saja jika kemudian menginspirasi politisi, muncullah beragam menu politik.

Belum lama ramai dibicarakan politik nasi goreng. Bermula Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dalam suasana hangat. Seusai pertemuan, keduanya menggelar jumpa pers dan bicara soal nasi goreng.

"Tadi Ibu Mega memenuhi janjinya memasak nasi goreng untuk kami. Luar biasa nasi gorengnya, saya sampai nambah, padahal beliau sudah ingatkan saya suruh diet," kata Prabowo membuka jumpa pers di kediaman Megawati, Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Megawati, yang bicara setelah Prabowo, menegaskan diplomasi politik nasi goreng dengan Prabowo. Politikus perempuan, kata Mega, punya kelebihan karena bisa berdiplomasi lewat masakan. "Beliau katakan nasi goreng yang saya buat enak, katanya.... Perempuan pemimpin politik ada bagian yang sangat mudah meluluhkan hati laki-laki, itu namanya politik nasi goreng," kata Megawati.

Sebelumnya, Sabtu (13/7/2019) singkong ubi rebus disebut-sebut jadi menu rekonsiliasi Jokowi-Prabowo. Maklum, keduanya saat itu baru saja bertarung dalam Pilpres 2019, dan perkembangan politik kemudian terkesan negeri ini terancam 'terbelah'.

Dalam pertemuan kedua tokoh nasional di Stasiun MRT Lebak Bulus Grab, Jakarta Selatan itu dilanjutkan di gerai Sate Khas Senayan yang berada di Mall FX Sudriman. Keduanya berbicang santai sambil menyantap makan siang.

"Pak Jokowi dan Pak Prabowo pesan sate ayam, sate kambing, teh tawar terus lontong, ongol, cenil, mendut. Iya pesen pecel madiun, enggak (semua) cuma beberapa aja, es kelapa batok, terus ada lagi singkong dan ubi rebus," ujar Area Manager Sate Khas Senayan, Adi kepada wartawan.

Halaman
12
Penulis: sujarwo
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved