Satlantas Polres Brebes Gelar Sidang di Tempat, Beri Kemudahan Pengendara Urus Tilang

Berbeda dari sebelumnya, pelanggar lalu lintas yang terjaring dalam operasi zebra candi hari kesembilan ini langsung dilakukan sidang di tempat

Satlantas Polres Brebes Gelar Sidang di Tempat, Beri Kemudahan Pengendara Urus Tilang
Tribunjateng.com/M Zaenal Arifin
Pelanggar lalu lintas yang terjaring operasi zebra candi Polres Brebes mengikuti sidang langsung di PN Brebes, Kamis (31/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Jajaran Satlantas Polres Brebes kembali menggelar razia kendaraan bermotor di Jalan A Yani Brebes, tepatnya di depan Pengadilan Negeri (PN) Brebes, Kamis (31/10/2019).

Berbeda dari sebelumnya, pelanggar lalu lintas yang terjaring dalam operasi zebra candi hari kesembilan ini langsung dilakukan sidang di tempat.

Pelanggar tak perlu menunggu hari penetapan sidang karena langsung disidangkan oleh hakim PN Brebes.

Seorang pengendara yang terjaring razia, Eko Fidiyanto mengatakan, dirinya sudah beberapa kali terjaring razia karena tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM). Namun baru kali ini menjalani sidang langsung di tempat.

"Saya tidak punya SIM makanya ditilang. Tapi tadi saya langsung sidang dan langsung boleh pergi lagi setelah bayar denda usai sidang," kata Eko.

Ia enggan menyebut besaran denda tilangnya. Namun dengan sidang di tempat, katanya, dirinya bisa langsung melanjutkan perjalanan tanpa harus menunggu hari sidang.

"Biasanya nunggu jadwal sidangnya lama, kadang seminggu kadang dua minggu. Harapannya kalau ada razia bisa langsung sidang di tempat seperti ini. Jadi tidak was-was nunggu hari sidang," ucapnya.

KBO Satlantas Polres Brebes, Iptu Suratman mengatakan, operasi zebra candi kali ini memang sengaja dilakukan sidang di tempat bekerjasama dengan Samsat, Kejaksaan Negeri (Kejari) dan PN Brebes.

"Sidang langsung ini dilakukan bertepatan dengan jadwal sidang lainnya. Untuk memudahkan masyarakat menyelesaikan denda tilang, kami berinisiatif menggelar sidang di tempat dengan hakim PN," katanya.

Ia mengungkapkan, pada operasi zebra candi hari kesembilan ini, petugas menjaring 78 pelanggar. Rinciannya, 72 pengendara melanggar aturan dan 6 pengendara karena belum bayar pajak kendaraan bermotor.

"Pelanggarannya ada yang tidak bawa surat kelengkapam yaitu SIM dan STNK. Kemudian kendaraan tidak standar, seperti knalpot dan lainnya. Tapi mereka semua menjalani sidang langsung sehingga barang bukti tidak ada yang disita," paparnya.

Sementara untuk rekapitulasi pengendara yang terjaring razia sejak hari pertama operasi zebra candi hingga hari kedelapan, Rabu (30/10/2019) kemarin, Satlantas Polres Brebes telah menjaring 2.012 pelanggar.

Dari jumlah itu, 1.687 pengendara yang melakukan pelanggaran dilakukan penilangan. Sisanya 325 pelanggar hanya diberikan teguran. Operasi zebra candi ini akan digelar sampai 5 November mendatang.

"Secara keseluruhan jumlah pelanggar yang terjaring mengalami penurunan. Itu artinya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas ada peningkatan," terangnya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved