Tahun Ini Kekeringan Terhebat yang Terjadi di Jepara Sejak 3 Tahun Terakhir

Kekeringan yang terjadi di Kabupaten Jepara tahun ini melanda di 32 desa. Jumlah itu terbanyak jika dibanding dengan dua tahun sebelumnya

Tahun Ini Kekeringan Terhebat yang Terjadi di Jepara Sejak 3 Tahun Terakhir
Tribunjateng.com/Rifqi Gozali
Diskusi PWI Jepara, Rabu (30/10/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Kekeringan yang terjadi di Kabupaten Jepara tahun ini melanda di 32 desa. Jumlah itu terbanyak jika dibanding dengan dua tahun sebelumnya.

Pada tahun 2017, kekeringan di Jepara terjadi di enam desa, kemudian pada 2019 kekeringan mengalami peningkatan, yakni menimpa 15 desa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto mengatakan, ada dua kategori warga yang mengalami krisis air bersih, yaitu warga yang sumurnya mengering dan warga konsumen perusahaan daerah air minum (PDAM).

Dari 32 desa yang mengalami krisis, 11 desa di antaranya warganya menggantungkan kebutuhan air bersih pada PDAM.

"Sisanya, desa yang warganya mengandalkan sumur dan kini mengering," kata Arwin dalam diskusi yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jepara, Rabu (30/10/2019) malam.

Supaya kekeringan tidak berulang, maka ada beberapa langkah.

Di antara langkah jangka pendeknya yakni dengan mendalamkan sumur, atau membuat sumur yang dalam. Sedangkan, solusi jangka panjangnya yakni dengan melakukan penghijauan atau pembuatan embung.

Direktur PDAM Jepara, Prabowo mengatakan, kekeringan yang menimpa 11 desa yang warganya menggantungkan air PDAM lantaran pihaknya kehabisan air baku.

90 sumur yang dimilikinya mengalami penyusutan debit. Juga, embung Kali Mati yang menjadi andalan debit airnya tidak memenuhi seluruh pelanggan.

"Kondisi saat ini memang kami kekurangan air baku. Kami berupaya menambah,sunur baku, tapi setiap sosialisasi ada penolakan atau harga tanah dinaikkan," katanya. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved