Kunjungi Banda Aceh, Pemkab Pekalongan Kembangkan Sektor Industri

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Pekalongan melakukan kunjungan ke Kota Banda Aceh.

Kunjungi Banda Aceh, Pemkab Pekalongan Kembangkan Sektor Industri
Istimewa
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi (tengah) melakukan melakukan kunjungan ke Kota Banda Aceh, Kamis (31/10/2019). Istimewa 

TRIBUNJATENG.COM, BANDA ACEH - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Pekalongan melakukan kunjungan ke Kota Banda Aceh.

Kunjungan ini dalam rangka untuk saling belajar sektor industri, dan pertukaran perdagangan produk lokal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kunjungan kerja ke Kota Banda Aceh diterima Wakil Wali Kota Zaenal Arifin, pada sebuah jamuan makan malam, Kamis (31/10/2019).

Dalam pembicaraan antarkepala daerah itu, terungkap kesamaan budaya antara Kabupaten Pekalongan sebagai Kota Santri, dan Banda Aceh merupakan Kota Serambi Mekah.

Dari kesamaan budaya, juga terdapat kesamaan industri berkembang yakni kopi Aceh yang sudah terkenal secara masif, dan songket serta peci Aceh.

Kemudian kopi Kabupaten Pekalongan juga cukup dikenal walaupun kurang masif, serta industri batik dan sarung Pekalongan yang dikenal secara luas.

"Di sini ada kesamaan budaya, sehingga kami saling bertukar pikir untuk melakukan pengembangan, serta pertukaran perdagangan."

"Karena sama-sama kota religius dengan kebutuhan sandang serupa. Semuanya dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat masing-masing daerah, dan saling menguntungkan," kata Bupati Asip.

Bupati Asip menyebutkan batik, sarung dari Pekalongan selain diperdagangkan ke berbagai daerah secara luas, juga akan melengkapi kebutuhan di Aceh.

Begitu pula songket serta peci khas Aceh, bisa mendukung kebutuhan sandang masyarakat Kabupaten Pekalongan.

Halaman
12
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved