Prof Delianis Raih Guru Besar di Universitas Diponegoro, Eksplorasi Bahan Hayati Laut Untuk Farmasi

Menurut Prof Delianis, hingga saat ini eksplorasi bahan hayati laut untuk farmasi di Indonesia belum maksimal penerapannya

Prof Delianis Raih Guru Besar di Universitas Diponegoro, Eksplorasi Bahan Hayati Laut Untuk Farmasi
Istimewa
Prof Delianis Pringgenies (kanan) saat disalami Rektor Undip Prof Yos Johan Utama dalam pengukuhannya sebagai guru besar di Gedung Prof Soedarto, Tembalang, Semarang, Sabtu (2/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Diponegoro mengukuhkan tiga guru besarnya di Gedung Prof Soedarto, Tembalang, Semarang, Sabtu (2/11/2019).

Dari ketiga guru besar yang dikukuhkan, satu di antaranya ialah Prof Dr Ir Delianis Pringgenies.

Prof Delianis menjadi guru besar di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip.

Adapun pada pengukuhannya sebagai guru besar, Prof Delianis menyampaikan pidato berjudul 'Bioprospeksi Bahan Hayati Laut Untuk Pengembangan Industri Farmasi di Indonesia'.

Menurut Prof Delianis, hingga saat ini eksplorasi bahan hayati laut untuk farmasi di Indonesia belum maksimal penerapannya.

"Padahal keanekaragaman hayati khususnya di laut sangat besar. Dan potensinya sangat bagus untuk dijadikan obat-obatan," jelasnya.

Prof Delianis menjelaskan dari hasil penelitiannya, terdapat beragam bahan hayati laut yang bisa digunakan untuk pengembangan industri farmasi.

Dan yang lebih menarik, jelasnya, bahan-bahan hayati itu dapat ditemukan di perairan Indonesia.

Prof Delianis pun mengelompokkan biota laut yang telah ditelusuri potensinya untuk farmasi kesehatan menjadi beberapa filum.

Di antaranya filum Echinodermata serta filum Moluska.

Halaman
123
Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved