Lintasan Kereta Bandara Adi Soemarmo Hingga Stasiun Balapan Solo Selesai Akhir Tahun Ini

Pembangunan lintasan kereta api (KA) dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali hingga Stasiun Balapan Surakarta masih terus dikebut.

Lintasan Kereta Bandara Adi Soemarmo Hingga Stasiun Balapan Solo Selesai Akhir Tahun Ini
TRIBUN JATENG/PONCO WIYONO
Satriyo Hidayat. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pembangunan lintasan kereta api (KA) dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali hingga Stasiun Balapan Surakarta masih terus dikebut.

Diharapkan akhir tahun ini proyek tersebut rampung.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah, Satriyo Hidayat menyatakan, pembangunan fisik kereta bandara sudah mencapai sekitar 90 persen.

"Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah rampung. Orang yang turun dari pesawat, bisa langsung naik nyambung kereta ke Stasiun Balapan," kata Satriyo, Minggu (3/11/2019).

Pembangunan jalur KA Bandara Adi Soemarmo ini dapat membantu mobilitas penumpang dari Kota Surakarta menuju Bandara Adi Soemarmo yang sekarang ditempuh dalam waktu 40 menit.

Jika menggunakan kereta perjalanan hanya sekitar 15 menit.

Total jalur KA antara Stasiun Balapan Surakarta- Bandara Adi Soemarmo Boyolali sepanjang 13,5 kilometer.

Jalur KA tersebut dibagi menjadi 2 segmen, yaitu segmen 1 sepanjang 3,5 kilometer yang merupakan jalur KA eksisting dan segmen 2 sepanjang 10 kilometer adalah jalur KA baru.

Sementara, pemenuhan akses KA dari Yogyakarta menuju Bawen (Semarang) melalui Borobudur, dari total panjang lintasan 112 kilometer, 47 kilometer sudah siap.

"Sementara, sisanya belum siap," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved