Pembentukan Bank Sampah Tiap Desa Digiatkan, Pemkab Pekalongan Ingin Kurangi Beban TPA Bojonglarang

Secara berkala, warga dapat mengumpulkan kemudian memanggil petugas pengepul dari bank sampah untuk mengambil sampah yang mayoritas sampah anorganik.

Pembentukan Bank Sampah Tiap Desa Digiatkan, Pemkab Pekalongan Ingin Kurangi Beban TPA Bojonglarang
TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Sosialisasi bank sampah di Balai Desa Karangsari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Minggu (3/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Program pembentukan bank sampah sampai di tingkat desa di Kabupaten Pekalongan akan terus diperbanyak.

Kasi Pengembangan, Kapasitas, dan Kerja Sama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dinperkim LH) Kabupaten Pekalongan, Teguh mengatakan, pembentukan bank sampah sekarang semakin diintensifkan kembali di semua wilayah.

"Oleh karena itu, sosialisasi ini tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan atas pengolahan bank sampah dan kesehatan lingkungan agar mengurangi pencemaran lingkungan."

"Dari adanya sosialisasi tersebut diharapkan warga dapat mempelajari pengolahan sampah dan barang bekas untuk dijadikan sebuah UMKM," kata Teguh saat ditemui Tribunjateng.com .

Hal itu disampaikan Teguh usai memberikan sosialisasi di Aula Balai Desa Karangsari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Minggu, (3/11/2019).

Menurutnya, permasalahan sampah di Kabupaten Pekalongan sudah perlu ditangani bersama.

Tidak hanya dari pemerintah, namun harus ada keterlibatan dari masyarakat.

"Bank sampah menjadi solusi penanganan masalah sampah. Sebab ke depan tetap dikhawatirkan terjadi lonjakan volume sampah buangan masyarakat."

'Apabila tidak disiapkan sejak sekarang, bisa jadi sumber masalah," ungkapnya.

Teguh mengungkapkan, di beberapa wilayah sudah aktif dalam pembentukan bank sampah seperti di Desa Sragi, Lolong, dan Karangdadap.

Halaman
12
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved