Pertahankan WTP, Pemkab Batang Gelar Bimtek Akuntansi Berbasis Akrual

Ingin pertahankan Opini Wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan, Pemerintah Kabupaten Batang gelar bimbingan teknis akuntansi

Pertahankan WTP, Pemkab Batang Gelar Bimtek Akuntansi Berbasis Akrual
IST
Sekda Nasikin saat membuka bintek akuntansi berbasis akruwal di Hotel Sendang Sari Batang, Senin (4/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Ingin pertahankan Opini Wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan, Pemerintah Kabupaten Batang gelar bimbingan teknis akuntansi berbasis akrual.

"Bintek akrual adalah penerapan sistem agar penyusunan LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) 2019 yang akan diperiksa BPK harus menggunakan sistem," terang Sekda Nasikin saat membuka bintek akuntansi berbasis akruwal di Hotel Sendang Sari Batang, Senin (4/11/2019).

Dikataannya ASN yang bertugas sebagai akuntan di Pemkab Batang mendaptakan bimbingan langsung untuk memanfaatkan sistem akrual, karena sistem tersebut untuk mempertahankan opini WTP yang selama ini belum tersistem secara lengkap.

"Pada tahun yang lalu sudah diperingkatkan oleh BPK, untuk segera menggunkan sistem.

Oleh karena itu mau tidak mau tahun ini harus menggunakan sistem akuntansi berbasis akrual dari BPKP," jelasnya.

Siap-siap, Anggota Dewan yang Malas di Tegal Akan Kena Sanksi

Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kendal Jalur Independen Sudah Bisa Galang Dukungan

Fraksi PKB Sebut Kebocoran Pendapatan dari Parkir di Kota Semarang Terjadi Tiap Tahun

Ternyata 2 Staf Khusus Bupati Kudus Non Aktif Tersangka Korupsi Adalah Mantan Napi Lapas Kedungpane

Bintek yang bekerja sama dengan BPK, dengan harapan dapat mempertahankan opini WTP karena merupakan hal penting bagi Pemda untuk mendapatkan reward dari Pemerintah pusat.

"Opini WTP sekarang menjadi salah satu basis pertimbangan pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN." jelasnya.

Bimbingan teknis diikuti oleh 98 petugas akuntansi di OPD Kabupaten Batang, yang terbagi menjadi dua angkatan yang akan berlangsung pada 4 sampai 7 November 2019.

Kepala DPPKAD Kabupaten Batang Bambang Supriyanto menjelaskan, Akuntasi berbasis akrual merupakan sistem yang dibangun oleh BPK, untuk melakukan pemeriksaan atau mengaudit semua transaksi keuangan dan aset yang ada di Pemkab.

"Pelatihan ini sitem akrual untuk memberikan pelatihan untuk menyambungkan sistem aplikasi e-planing, e-budgeting dan SIMDA keuangan dan barang atau aset, karena tahun lalu belum terkoneksi, sehingga pemeriksaan lebih mudah," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved