Kades Grobog Kulon yang Palsukan Ijazah Demi Pilkades di Tegal Divonis 1 Tahun Penjara

Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Tegal yang terjerat kasus ijazah palsu akhirnya divonis dengan hukuman penjara selama 1 tahun

Kades Grobog Kulon yang Palsukan Ijazah Demi Pilkades di Tegal Divonis 1 Tahun Penjara
akhtur Gumilang
Saat Bupati Tegal Umi Azizah melantik para Kades terpilih gelombang 2 tahun 2018 lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Tegal yang terjerat kasus ijazah palsu akhirnya divonis dengan hukuman penjara selama 1 tahun oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Slawi.

Adapun terdakwa pemalsuan ijasah tersebut adalah Kades Grobog Kulon, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal bernama Muhammad (54).

Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tegal, Iyus Hendayana menuturkan, dalam persidangan, terdakwa kades dinyatakan bersalah dengan pasal 263 ayat 1 dan ayat 2 KUHP jo pasal 55 ayat 1 KUHP tentang pemalsuan dokumen.

"Fakta di persidangan, kejadian tersebut terjadi bulan November 2017 lalu. Muhammad (Kades) sempat bertemu terdakwa lain, Yusuf Rifai (34) untuk mendapat ijazah kejar paket B demi Pilkades.

Kades ingin mendapatkan ijazah dalam waktu singkat," jelas Iyus yang juga merangkap Humas Kejari Slawi kepada Tribunjateng.com, Selasa (5/11/2019).

Seperti diketahui, Muhammad, warga Desa Grobog Kulon RT 1 RW 2 Kecamatan Pangkah bersama sang pembuat raport palsu, Yusuf Rifai (34), Warga Desa Talik RT 1 RW 1 Kecamatan Pangkah divonis masing-masing selama 1 tahun.

Mereka berdua divonis oleh PN Slawi dengan hukuman penjara selama 1 tahun baru-baru ini.

Kedua terdakwa dijerat masing-masing dengan pasal 263 ayat (1) dan ayat 2 KUHP jo pasal 55 tentang pemalsuan dokumen.

Dia menjelaskan bahwa terdakwa Kades tersebut ingin mendapatkan ijazah kejar paket B dalam waktu singkat di Pondok Pesantren (Ponpes) Amantul Ma'wai Al-Miroj.

Karena pendaftaran di Ponpes tersebut sudah ditutup, akhirnya Muhammad disarankan oleh Yusuf untuk membuat raport palsu hingga semester 5.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved