Breaking News:

Roni Resah Bus Pariwisata Luar Kota Semarang Banting Harga

Adanya permainan 'makelar piknik' yang berani pasang tarif paket wisata lebih murah membuat persaingan bisnis tidak sehat.

Editor: Catur waskito Edy
khoirul muzaky
Ilustrasi bus pariwisata 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Adanya permainan 'makelar piknik' yang berani pasang tarif paket wisata lebih murah membuat persaingan bisnis tidak sehat.

Selain merusak harga pasaran, kualitas pelayanan kepada konsumen menurun.

Seorang pekerja bus pariwisata, sebut saja Roni geleng-geleng kepala menyoroti kompetisi angkutan sewa di Semarang. Menurutnya saat ini persaingan bisnis di sektor tersebut sudah tak sehat.

Makin banyak PO bus pariwisata yang menyasar dan mengambil kue di luar wilayahnya. Tak hanya itu, mereka pun berani menurunkan harga di bawah pasaran, dan mengesampingkan keselamatan penumpang.

"Saat ini di Kota Semarang banyak PO Bus pariwisata dari wilayah lain misalnya Kudus, Jepara, Batang yang jualan di Semarang," ujar Roni.

Memang tak ada larangan PO bus pariwisata jualan di wilayah lain. Sayangnya, mereka jual di bawah harga pasaran.

Dampaknya, pelayanan kepada konsumen tidak memuaskan. Misalnya kualitas armada tidak standar, mengurangi tujuan paket wisata yang telah disepakati, supaya harga tetap masuk. Itu merugikan konsumen.

Padahal banyak pengeluaran operasional demi menjaga keselamatan penumpang. Seperti jumlah bus, tenaga sopir, pemilikan bengkel, dan garasi, standart penggantian komponen sparepart yang aus, biaya perawatan berkala, perizinan, dan masih banyak lagi.

"Semua itu diabaikan, misal ban yang sudah waktunya diganti tapi tetap dibiarkan untuk jalan," ujarnya.

Oleh karena itu, Roni pun tidak heran kenapa belakangan ini sering terjadi kecelakaan bus pariwisata yang menelan korban jiwa. Hal itu disebabkan karena diabaikannya perawatan berkala serta lemahnya pengawasan dalam perawatan bus pariwisata.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved