BPJAMSOSTEK Jalin Kerja Sama dengan Perbankan Terkait Service Point Office

BPJAMSOSTEK bekerjasama dengan beberapa perbankan seperti BNI, BRI, BTN, Mandiri, dan Bank BJB.

BPJAMSOSTEK Jalin Kerja Sama dengan Perbankan Terkait Service Point Office
desta leila kartika
Foto pelaksanaan kerja sama antara BPJAMSOSTEK dengan Perbankan terkait pelayanan kepesertaan dan pelayanan klaim JHT, pada Rabu (6/11/2019) di PO Hotel Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - BPJAMSOSTEK bekerjasama dengan beberapa perbankan seperti BNI, BRI, BTN, Mandiri, dan Bank BJB.

Kerjasama guna mengoptimalkan Service Point Office (SPO).

"Sebetulnya semua klaim bisa kami akomodir, hanya saja kebanyakan memang di Jaminan Hari Tua (JHT). Karena JHT ini individu langsung yang mengurus, kalau kecelakaan kerja dan pensiun diurus oleh perusahaan," terang, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jateng-DIY, Suwilwan Rachmat, Rabu (6/11/2019).

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Pemkab Karanganyar Tambah Anggaran Dua Kali Lipat

Tujuan dari kerja sama ini memperluas jaringan pelayanan BPJAMSOSTEK sebagai implementasi pelaksanaan UU nomor 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggara jaminan sosial.

Selain itu mengoptimalkan operasional BPJAMSOSTEK, dan mendekatkan pelayanan kepada peserta.

Terakhir, memberikan pemahaman tentang arti pentingnya jaminan sosial tenaga kerja dan mendekatkan Bank kepada tenaga kerja.

"Bisa dibilang kami memperbanyak outlet karena peserta tetap dapat dilayani oleh perbankan tanpa harus ke kantor kami. Semisal contoh di daerah yang tidak ada kantor cabang kami seperti Slawi karena kantor cabang ada di Tegal, tapi kami bekerja sama dengan service point office, maka mereka tidak harus ke Tegal bisa mengurus di Slawi saja," ungkapnya.

DPRD Kabupaten Pekalongan Bahas Kenaikan Iuran BPJS dan Soal Pembatasan Rujukan

Adanya kerja sama itu semata untuk membuka kanal dan meningkatkan pelayanan.

Ruang lingkup kerja sama yang dilakukan terkait pelayanan klaim JHT di antaranya, menerima berkas pengajuan klaim JHT dan melakukan pengecekan eligibilitas dan kelengkapan dokumen.

Melakukan perekaman data peserta yang mengajukan klaim JHT, memberikan tanda terima pengajuan klaim JHT, dan melakukan proses pembayaran klaim JHT.

"Terkait pencairan harus ada pairing atau connect dengan aplikasi terlebih dahulu. Jadi tidak di semua cabang bisa melayani, tapi harus connect dulu dengan aplikasi karena kalau tidak terhubung tidak bisa diproses," ujarnya.

HOTLINE SEMARANG: Begini Persyaratan Turun Kelas BPJS

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: Daniel Ari Purnomo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved