Kamar Hotel untuk Libur Natal dan Tahun Baru di Kota Semarang Mulai Dibooking

Meski musim libur Natal dan tahun baru terhitung masih kurang satu bulan lebih, sejumlah hotel di Semarang sudah mulai banyak menerima booking kamar.

Kamar Hotel untuk Libur Natal dan Tahun Baru di Kota Semarang Mulai Dibooking
Istimewa
Promo yang dihadirkan Grand Candi Hotel Semarang, dalam rangka Semarang Great Sale 2019. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Meski musim libur Natal dan tahun baru terhitung masih kurang satu bulan lebih, sejumlah hotel di Semarang sudah mulai banyak menerima booking kamar.

Satu di antaranya dialami Noormans Hotel, yang beralamat di Jalan Teuku Umar No. 27, Jatingaleh, Semarang. "Sekarang sudah mulai ada yang pesan, sekitar 15 persen," kata Sales Manager Noormans Hotel Semarang, Sriyanto, kepada Tribun Jateng, Selasa (5/11).

Menurut dia, okupansi hotel di Noormans Hotel selalu mencapai 100 persen setiap libur akhir tahun. Melihat tahun-tahun sebelumnya, peak season biasanya terjadi pada saat akhir tahun, yaitu pada 31 Desember.

"Pasar di Semarang menurut saya aneh, berbeda dengan Yogyakarta atau Bandung, di mana tamu jauh-jauh hari sudah memesan kamar. Kalau di Semarang, tamu biasanya booking kamar mepet, misalnya 2 minggu sebelum libur Natal dan tahun baru. Tapi sekarang mulai ada yang pesan," jelasnya.

Terkait dengan harga kamar pada momen itu, Yanto, sapaannya menyatakan, ada kenaikan sekitar Rp 100 ribu-Rp 150 ribu, tetapi hanya ketika libur akhir tahun. Sedangkan pada saat Natal, harga tetap normal.

Total kamar yang tersedia di Noormans Hotel sebanyak 114 kamar, yang terbagi menjadi beberapa tipe. "Harga kamar di kami mulai tipe Superior Rp 907.500, sedangkan untuk yang sudah ada kerja sama dengan kami harga Rp 418 ribu. Kamar tipe deluxe harga publish Rp 1,2 jutaan dan harga corporate yang sudah kerja sama Rp 618 ribu," ungkapnya.

Yanto memprediksi jumlah tamu hotel di Kota Semarang pada libur akhir tahun akan jauh lebih banyak dari tahun lalu. Kenaikan diperkirakan bisa sekitar 30 persen dari 2018.

Hal itu didukung beberapa faktor, di antaranya karena Semarang sudah menjadi destinasi wisata yang cukup bagus, diimbangi dengan beberapa hotel baru yang terus bermunculan.

"Kalau kami harapannya minimal bisa sama seperti tahun lalu, tetapi kami tetap optimis bisa lebih baik, karena kami menyediakan paket-paket khusus akhir tahun," tandasnya.

Booking kamar untuk momen libur Natal dan tahun baru juga dirasakan Grand Candi Hotel Semarang. Hal itu disampaikan Public Relations Grand Candi Hotel Semarang, Azkar Rizal Muhammad.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved