Breaking News:

DPRD Kabupaten Pati Dukung Nelayan Perjuangkan Legalitas Cantrang

Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin menegaskan, pihaknya akan mendampingi para nelayan dalam memperjuangkan legalitas cantrang sebagai alat penangk

TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin menegaskan, pihaknya akan mendampingi para nelayan dalam memperjuangkan legalitas cantrang sebagai alat penangkapan ikan.

Hal itu dikatakannya usai memimpin audiensi antara Paguyuban Nelayan Mina Santosa dan Komisi B di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Kamis (7/11/2019).

"Mereka (paguyuban nelayan) memang menuntut agar cantrang bisa dioperasikan lagi. Karena mereka adalah bagian dari rakyat Kabupaten Pati, tentu apa yang menjadi aspirasi, maksud, dan tujuan mereka akan kami sampaikan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)," ujar Ali.

Ali mengatakan, pihaknya akan mendampingi para nelayan agar keinginan mereka terakomodasi. Namun, mengenai kebijakan pelarangan cantrang nantinya akan diubah atau tidak, yang memiliki kewenangan adalah KKP.

"Namun, harapan kami, semoga bisa diubah. Karena di Pati ini, kan, banyak nelayan cantrang. Lagipula mereka juga membawa kajian-kajian (yang menunjukkan bahwa cantrang tidak merusak lingkungan-red.)," ucapnya.

Ali mengatakan, sebelum paguyuban nelayan berkunjung ke DPRD Pati, sebelumnya mereka turut hadir ketika ada rapat kerja Komisi IV DPR RI dengan KKP. Menurut Ali, mungkin saja mereka juga sudah menyampaikan aspirasinya kepada pemangku kebijakan.

"Prinsipnya kami mendukung (aspirasi nelayan) dengan catatan kita tidak boleh melanggar peraturan. Kami bisa meminta agar Pak Menteri (Edhy Prabowo-red.) mengubah Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan terdahulu yang melarang penggunaan cantrang," tandasnya. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved