Breaking News:

Pemkab Brebes Imbau Pelaku UMKM Tingkatkan Kualitas Produk Hadapi Persaingan Pasar Bebas

Pemkab Brebes melalui Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda Brebes, menggelar workshop pemberdayaan masyarakat dan usaha mikro bagi pelaku UMKM

istimewa
Narasumber menyampaikan materi dalam workshop pemberdayaan masyarakat dan usaha mikro bagi pelaku UMKM di Meeting Room Hotel Grand Dian Brebes, Kamis (7/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Guna menghadapi persaingan pasar bebas, Pemkab Brebes melalui Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda Brebes, menggelar workshop pemberdayaan masyarakat dan usaha mikro bagi pelaku UMKM di Meeting Room Hotel Grand Dian Brebes, Kamis (7/11/2019).

Kepala Bagian Perekonomian Setda Brebes, Julining Pirula Dewi, mengatakan workshop tersebut merupakan salah satu upaya memberikan pengetahuan kebijakan pemerintah terkait akses pembiayaan.

"Workshop ini juga untuk memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM agar senantiasa meningkatkan kualitas produk dan keanekaragaman usaha," katanya.

Kemenpan-RB Evaluasi Zona Integritas dan WBK Kejari Brebes

Banyak Warga yang Sudah Terbitkan Buku, Perpusda Bentuk Forum Penulis Brebes

Ia meminta, instansi pemerintahan agar membuat program kerja yang menyentuh langsung kepentingan rakyat. Sehingga dapat mempercepat kesejahteraan, melalui pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

"Saya yakin, dengan geliat UMKM masyarakat yang terus tumbuh, akan mampu meningkatkan laju perekonomian masyarakat Kabupaten Brebes," ucapnya.

Ia mengungkapkan, jumlah UMKM di Kabupaten Brebes tercatat 25.214, terdiri dari 17.358 usaha mikro, 7.224 usaha kecil dan 636 usaha menengah. Jumlah terbesar adalah usaha mikro, yaitu sebesar 68,8 persen.

Artinya mereka adalah para usahawan dengan aset kurang dari atau sama dengan Rp 50 juta dan omset kurang dari atau sama dengan Rp 300 juta.

"Untuk itu, melalui workshop ini semoga dapat menambah wawasan dalam mengembangkan usaha para pelaku UMKM," harapnya.

Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda Brebes, Farikhah menyampaikan, workshop dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat dan usaha mikro agar lebih berkembang dan mensejahterakan masyarakat.

Sehingga bisa terlepas dari jerat kemiskinan.

"Ada 85 peserta, yang merupakan perwakilan OPD terkait serta pelaku UMKM di Kabupaten Brebes," kata Farikhah.

Hadir sebagai narasumber dalam workshop tersebut yaitu Asisten Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Fiksi, dan Pemilik Dedy Jaya Grup, Muhadi Setiabudi.

Penulis: m zaenal arifin
Editor: Daniel Ari Purnomo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved