Peringati Hari Wayang Nasional, Pemkot Semarang Gelar Wayang Orang di Halaman Gedung Pandanaran

Usai dihibur dengan tarian, para lakon wayang orang mulai masuk satu per satu dengan membawa pesan budaya kepada penonton

Peringati Hari Wayang Nasional, Pemkot Semarang Gelar Wayang Orang di Halaman Gedung Pandanaran
Tribunjateng.com/Faizal Affan
Para tokoh wayang orang dan kepala Disbudpar Kota Semarang sedang menyapa penonton di tengah-tengah pagelaran. Pertunjukkan ini untuk memperingati hari wayang nasional. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memperingati Hari Wayang Nasional, Pemerintah Kota Semarang menggelar pertunjukkan wayang orang di halaman Gedung Pandanaran Semarang, Rabu (6/11/2019) malam.

Dalam pertunjukkan tersebut, Pemkot Semarang mengajak kelompok wayang Ngesti Pandowo untuk beradu akting dengan pegawai yang ada di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang.

Tepat pukul 20.00 WIB, penonton yang sudah duduk di atas karpet disuguhi tari Semarangan oleh empat penari lengkap dengan pernak perniknya.

Usai dihibur dengan tarian, para lakon wayang orang mulai masuk satu per satu dengan membawa pesan budaya kepada penonton.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari, mengatakan pagelaran wayang ini jadi satu di antara metode pengenalan ke masyarakat.

"Selain menyelenggarakan pertunjukkan seperti ini, kami juga rutin mengenalkan wayang di sekolah dan tiap Jumat Kliwon," ucapnya.

Para pemain wayang orang tersebut membawakan cerita tentang Pergiwo Pergiwati.

"Tak hanya cerita tentang Pergiwa dan Pergiwati saja. Namun juga dibumbuhi dengan guyonan dari para pemain supaya penonton terhibur," tambahnya.

Satu di antara penonton yang mengaku terhibur yakni Wahyu asal Kabupaten Pati. Semula dirinya bersama sang pacar tidak ada niatan untuk menonton wayang di halaman Gedung Pandanaran.

"Kebetulan pas lewat kok ada pertunjukan menarik. Ya sudah akhirnya kami mampir dan ternyata cukup menghibur. Cerita yang dibawakan lucu. Semoga nanti semakin sering ada pertunjukkan seperti itu," pungkas pria yang bekerja di sebuah minimarket ini. (afn)

Penulis: faisal affan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved