Video 17 Dalang 102 Sinden di Pagelaran Hari Wayang Nasional

Hujan sesaat tak menyurutkan antusias masyarakat menyaksikan pagelaran wayang malam ini.

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Berikut video aksi 17 dalang dan 102 sinden lokal mengibur masyarakat Kabupaten Karanganyar dalam memperingati Hari Wayang Nasional sekaligus menyongsong Hari Jadi ke-102 Karanganyar.

Meski sempat turun hujan, tak menyurutkan antusias masyarakat untuk menyaksikan pagelaran wayang semalam suntuk yang digelar di Plaza Alun-Alun Karanganyar, Kamis (7/11/2019) malam.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Tarsa menyampaikan, pagelaran wayang membawakan lakon Sang Bima.

Dijelaskannya, lakon itu dipilih karena karakter Bima yang jujur sesuai dengan tagline Karanganyar tahun ini, maju dan berintegritas.

"17 dalang itu terdiri dari dalang muda dan kondang. Ada Ki Manteb Sudarsono, Ki Porbo Asmoro, Ki Cahyo Kutandi dan Ki Anom Dwijo Kangko.

Mereka bermain bergantian dengan membawakan satu lakon.

Selain itu ada 102 sinden lokal," kata Tarsa.

Jumlah 17 dalang itu menggambarkan jumlah kecamatan yang ada di Karanganyar, sedangkan 102 sinden menggambarkan Hari Jadi ke-102 Karanganyar.

Selain itu juga ada pelawak Cak Percil Cs.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, pagelaran wayang spektakuler dengan 17 dalang dan 102 sinden ini untuk memperingati Hari Wayang Nasional dan Hari Jadi ke-102 Karanganyar.

"Harapannya Karanganyar semakin sejahtera dengan spirit perjuangan Tri Darma dari Raden Mas Said," ungkapnya.

Juliyatmono menuturkan, dalam memperingati Hari Jadi ke-102 Karanganyar tepat pada 18 November 2019, serangkaian acara telah dipersiapkan.

Beberapa telah diselenggarakan dan akan berakhir hingga akhir tahun.

Di antaranya Didi Kempot yang akan menghibur masyarakat Karanganyar pada 19 November 2019. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved