Duh, Sampah Di Kabupaten Tegal Tembus 563 Ton Per Harinya

Dia memprediksi, keberadaan sampah di Kabupaten Tegal mencapai 563 ton per harinya

Duh, Sampah Di Kabupaten Tegal Tembus 563 Ton Per Harinya
Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
Saat armada truk pengangkut sampah DLH tengah membuang sampah di TPA Penujah, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Senin (11/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Volume sampah di Kabupaten Tegal kian tak terbendung.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Hery Suhartono melalui Sekretaris DLH Kabupaten Tegal, Sri Wahyuningsih menuturkan, jumlah sampah saat ini cukup fantastis.

Dia memprediksi, keberadaan sampah di Kabupaten Tegal mencapai 563 ton per harinya.

Sedangkan, diakui Wahyuningsih, sampah yang baru bisa tertangani pihaknya hingga saat ini hanya sekitar 40 persennya.

"Kemudian, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Penujah di Desa Penujah, Kecamatan Kedungbanteng baru bisa menampung 45 persennya," kata Wahyuni, sapaannya, kepada Tribunjateng.com, Senin (11/11/2019).

Dia menuturkan, total Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah di Kabupaten Tegal berjumlah 120 unit.

Wahyuni merinci, 50 TPS di antaranya tersebar di masing-masing kecamatan, 18 TPS di pasar-pasar, dan sisanya berada di sekitar jalan raya.

Bersama Plt Kepala DLH baru, dia mengaku tengah merancang formula untuk mengatasi permasalahan sampah yang kian darurat.

"Dalam formula ini, kami akan buat Standar Operasional Produk (SOP). Para Kades dan Camat akan dilibatkan dalam SOP ini," tegasnya.

Kedepannya, dia menegaskan bahwa kewenangan DLH hanya akan mengangkut sampah-sampah dari TPS untuk dibuang ke TPA Penujah.

Di luar TPS, Wahyuni meminta agar Kades maupun Camat bisa membuat formula untuk memudahkan operasional pengangkutan sampah-sampah oleh armada truk DLH.

"Di luar TPS, sepenuhnya kewenangan Kades dan Camat. Namun, ini masih rancangan saja. Plt Kepala Dinas yang baru memang hendak fokus mengatasi masalah darurat sampah di Kabupaten Tegal," pungkas Wahyuni. (Tribunjateng/gum).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved