Pemkot Semarang Buka Lelang 6 Formasi Jabatan Kepala Dinas

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang membuka lelang jabatan enam formasi kepala dinas

Pemkot Semarang Buka Lelang 6 Formasi Jabatan Kepala Dinas
Tribunjateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang, Litani Satyawati 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang membuka lelang jabatan enam formasi kepala dinas.

Enam formasi tersebut antara lain Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pertanian, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang, Litani Satyawati mengatakan, lelang ini diperuntukkan tidak hanya bagi pegawai di lingkungan Pemkot Semarang saja melainkan terbuka bagi aparatur sipil negara (ASN) di wilayah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) maupun kabupaten/kota di Jateng.

Adapun pendaftaran sudah dibuka sejak 31 Oktober lalu hingga 14 November mendatang. Sementara terkait persyaratan BKPP telah mengunggah secara lengkap di website BKPP Kota Semarang.

Dia berharap, waktu yang tersisa dua hari ini bisa dimanfaatkan oleh para calon pelamar untuk mempersiapkan berkas-berkas dan menyerahkannya kepada BKPP.

"Saat ini sudah ada beberapa yang masuk, namun jumlah pelamar belum ideal. Idealnya satu OPD ada empat pelamar. Kami punya enam OPD setidaknya harus ada 24 pelamar agar kami dapat seleksi secara fair," katanya.

Beberapa tahapan yang akan dilalui oleh pelamar antara lain seleksi administrasi, tes kompetensi, uji gagasan tertulis, uji gagasan lisan, dan penelusuran rekam jejak.

Dari rangkaian tahapan, dia ingin mencari sosok pemimpin yang handal, kinerja dan sikap yang baik, serta integritas tinggi sesuai yang dikehendaki Wali Kota Semarang agar dapat membangun Kota Semarang lebih baik.

"Jadi, kami tidak hanya mengandalkan tes kemampuan dasar, tapi termasuk psikologinya seperti apa agar siap secara jasmani dan rohani bisa membanguh Kota Semarang," paparnya.

Litani pun tidak membatasi latar belakang pendidikan maupun lingkungan pekerjaan pelamar sebelumnya. Nanti, panitia seleksi yang akan menguji mereka.

Sementara itu, Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkot Semarang, Iswar Aminudin menambahkan, akan melakukan seleksi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Dalam seleksi ini pihaknya melibatkan panitia seleksi tidak hanya dari lingkungan Pemkot Semarang melainkan juga para akademisi.

"Tamggal 14 November terakhir pendaftaran. Nanti kami umumkan siapa saja yang lolos, kemdian akan mengikuti tahapan selanjutnya," kata Iswar. (eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved