Pemkot Salatiga Luncurkan 140 Karya Inovasi

Jumiarto menyampaikan diantara ratusan karya inovasi tersebut mayoritas berupa proses cara belajar mengajar dan pembentukan karakter

Pemkot Salatiga Luncurkan 140 Karya Inovasi
Tribunjateng.com/M Nafiul Haris
Sekda Kota Salatiga Fakruroji melakukan penandatanganan perjanjian kinerja inovasi antara innovator dengan Pemkot Salatiga di Ruang Kaloka, Gedung Setda Pemkot Salatiga Kamis (14/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga meluncurkan 140 karya inovasi yang diinisiasi beberapa instansi dan sekolah mulai SD, SMP serta kelurahan, di Ruang Kaloka, Gedung Setda Pemkot Salatiga Kamis (14/11/2019).

Peluncuran karya inovasi yang dirangkai dengan penandatanganan perjanjian kinerja inovasi antara innovator dengan Pemkot Salatiga dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga Fakruroji.

Pada kegiatan yang dilanjut dengan Workshop Akselerasi Inovasi Administrasi Negara (INAGARA) itu Sekda mengatakan inovasi mempunyai peran strategis untuk mendukung sekaligus mengakselerasi misi ke-3 Rencana Pembangunan Jangka Pendek Daerah (RPJPD) Kota Salatiga tahun 2005-2025.

"Satu diantaranya yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik serta misi ke-9 RPJMD Kota Salatiga tahun 2017-2022 yaitu meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance)” terangnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (14/11/2019)

Menurut Fakruroji Pemkot Salatiga dalam rangka mendorong berbagai inovasi telah bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) sejak tahun 2017 dengan membentuk laboratorium INAGARA.

Melalui lab INAGARA ini seluruh perangkat daerah dan Puskesmas didorong untuk berinovasi, dan sampai sekarang telah menghasilkan 89 ide-ide inovasi serta mendapatkan apresiasi iagara award dari LAN RI pada tahun 2017.

"Lalu kemudian sejak Maret 2019 Pemkot Salatiga kembali menyelenggarakan kegiatan lab INAGARA dengan sasaran unit kerja kelurahan dan sekolah se-Kota Salatiga yang dimulai dan melahirkan 365 inovasi," katanya

Ia menambahkan pada tahap design, ide inovasi disederhanakan menjadi 140 inovasi. Perampingan inovasi tersebut bertujuan agar dalam pelaksanaannya nanti bisa lebih fokus. Sehingga rencana aksi yang telah disusun bisa benar-benar direalisasikan oleh innovator.

Kabag Organisasi dan Kepegawaian Setda Kota Salatiga Jumiarto menjelaskan tahap deliver launching ini merupakan lanjutan dari tahap sebelumnya yaitu drum up dan diagnose pada 13-15 Maret 2019 lalu, serta tahap design yang dilaksanakan 19-20 Juni 2019.

Kemudian kata dia, diikuti tahap deliver monitoring pada 28-30 Agustus 2019 dan hari ini tahap deliver launching yang diikuti oleh 140 instansi terdiri dari kelurahan, SD, SMP baik negeri maupun swasta.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengakselerasi pengembangan inovasi administrasi negara pada instansi Pemkot Salatiga dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi sebagai bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi,” jelasnya

Jumiarto menyampaikan diantara ratusan karya inovasi tersebut mayoritas berupa proses cara belajar mengajar dan pembentukan karakter. Kemudian pengelolaan lingkungan serta beberapa aplikasi.

Mantan Kasubbag Humas Setda Salatiga itu menjabarkan karya inovasi yang masuk pada tahap peluncuran selanjutnya akan mendapat pendampingan dari LAN RI. Selanjutnya apabila kemudian berhasil dikembangkan pada tahun depan hasilnya akan dipamerkan dalam pameran karya inovasi daerah.

"Kira-kira begitu runutannya jadi yang masuk 140 ini sudah diseleksi. Selanjutnya mendapat pendampingan diantaranya terdapat karya berupa Aplikasi Perencanaan dan Penyerapan Dana Kelurahan (APEK) dari Kelurahan Blotongan.

Lalu Sidorejo Lor Melayani Tanpa Biaya Dengan Senyum, Tepat, Inovatif, dan Aktif (Si Maya Setia) dan Sistem Legalisir Online (Sileon) dan Sistem Kearsipan Online (Sikepan) dari SMP N 1 Salatiga," ujarnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved